Pages - Menu

07 December 2011

Keisengan dibalik Layar Pekerjaan

 Senin, 6 desember 2011, saatnya prodi matematika di Universitas Pendidikan Indonesia yang kedatangan tamu dari BAN PT. Udah pada tau semua kaaaan kepanjangan dari BAN PT?? Yang belum tyau, nih dian kasih tau, BAN PT itu adalah Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. Setiap program studi ataupun jurusan yang ada di setiap universitas di Indonesia ini harus punya atau harus sudah berlabel 'akreditasi' dari Badan yang satu ini. Akreditasi ini melambangakan kualitas dari program - program yang diadakan di setiap perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Setiap beberapa tahun sekali, akredirasi ini dievaluasi untuk diperbaharui loh biar kualitasnya tetap up to date dan terjaga.
 Naaaah, di tahun 2011 ini sebenarnya jurusan pendidikan matematika yang meliputi prodi pendidikan matematika dan prodi matematika kebagian untuk dievaluasi lagi kualitasnya. Namun, untuk jurusan pendidikan matematika sendiri telah divisitasi pada bulan september lalu. Semoga hasilnya bisa mendapat akreditasi "A" lagi yaa.. aaaamiiiiiiiiiin... :-)
Di acara ini, tugasku masih sama dengan sebelumnya. yaitu mengabadikan moment - moment yang terjadi selama acara ini berlangsung. Lucunya, masih ada saja jepretan - jepretan iseng dari teman seprofesi yang membuatku justru diabadikan ditengah sedang menerima pesan dari orang tua di kampung halaman sana.. huaaaaahhhhh.. kangeeeeeeeen!!!

my precious moment :-)

25 November 2011

TEKA-TEKI LOGIKA MATEMATIKA

TEKA-TEKI LOGIKA MATEMATIKA


Ada lima orang yang saling bertetangga dan hidup berdampingan dengan rukun. Mereka adalah Rofiq, Nobon, Mita, Dian, dan Nizar. Urutan tempat tinggal mereka belum tentu seperti urutan tersebut. Mereka memiliki beberapa perbedaan dan kesenangan, yaitu dalam hal warna rumah, makanan kesukaan, minuman favorit, dan hewan peliharaan.
Dian tinggal di rumah berwarna coklat. Nizar senang sekali makan kue donat, sedangkan Nobon senang minum teh.


30 July 2011

Horeeee.. ramadhan segera tiba!

Sekarang sabtu..besok minggu..besoknya lagi senin..
Wuaahhh,.ga kerasa 2 hari lagi ramadhan tiba! Setelah hampir satu tahun yang lalu kita berpisah dengan bulan mulia yang satu ini, esok lusa kita akan bertemu lagi dengannya. Senangnyaaaaaaa......alhamdulillah ya Allah, terima kasih engkau akan mempertemukan aku lagi dengan bulanMu yang penuh berkah.

Mendengar kata "Ramadhan" , pasti sontak pikiran kita langsung menuju ke satu kata yang berinisial P, berakhiran A, tengah-tengahnya UAS (*looh, malah dikasih tau :D) . yaaak benaaaaar! PUASA!
Buat kita yang sudah dewasa, puasa itu wajib hukumnya, jadi apabila kita bolos puasa (bukan sekolah aja yang bisa bolos) kita berdosa. Sebaliknya jika kita melaksanakannya dengan baik kita akan dapet pahala n berkah dari Allah. mau mau kaaaaaaan???
Buat ade - ade kita yang masih kecil, bisa mulai diajarkan berpuasa agar jika telah dewasa nanti sudah terbiasa dengan ibadah puasa ramadhan.

Ngomong-ngomong tentang puasa, yuk kita upas sedikit .....
Puasa secara bahasa artinya menahan atau mencegah. Menurut syariat islam, puasa adalah menahan diri dari makan dan minum serta segala perbuatan yang bisa membatalkan puasa, mulai dari terbit fajar hinggalah terbenam matahari, dengan syarat tertentu. Puasa disebut juga shaum.
Puasa merupakan rukun islam ketiga setelah syahadat dan solat. Perintah puasa difirmankan oleh Allah pada Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 183.

Malam hari menginjak bulan ramadhan, kita sudah terbiasa melaksanakan solat tarawih. Solat tarawih hukumnya sunah, dan hanya dilaksanakan pada bulan ramadhan saja. Pelaksanaannya dilakukan setelah salat isya. Jumlah rakaatnya ada yang 11 rakaat (8 rakaat+3 rakaat witir) dan ada pula yang melaksanakan sebanyak 23 rakaat (20 rakaat+3 rakaat witir).
Dari tahun ke tahun. jika kita amati, pada awal - awal puasa, jamaah solat tarawih sangat banyak, hingga memenuhi ruangan masjid, bahkan tak jarang sampai ke halaman masjid. Namun, biasanya setelah satu minggu puasa, semakin hari jumlah jamaahnya semakin berkurang, malah mendekati lebaran bisa dihitung jari berapa orang yang melaksanakan solat tarawih di masjid. Mengapa sampai terjadi demikian??? jawabannya ada dalam diri kita masing-masing.

Pada pukul 2-4 dini hari, kita dibangunkan oleh mamah / papah untuk makan sahur. Bangun ketika sahur tidak gampang looh, banyak godaannya, terutama NGANTUK. Rasanya masih mau mereeeeem aja matanya tuuh.
Sahur hukumnya sunah. Tetapi dengan melaksanakan makan sahur kita jadi mempunyai asupan makanan untuk tubuh agar kuat melaksanakan puasa. Batas waktu untuk sahur sampai waktu imsak tiba.

subuh ---- pagi ----- siang ------ sore ----- MAGHRIB!
pasti seneng deh kalo udah denger adzan maghrib..ya kaaan?? berarti kita sudah harus segera berbuka. Makanan untuk berbuka puasa disarankan yang manis - manis. Kurma menjadi salah satu makanan favorit umat muslim untuk berbuka.
Di indonesia sendiri, biasanya ada yang namanya Kolak. Jenisnya macam - macam, ada kolak ubi, pisang, candil, dll tergantung ciri khas daerahnya.
hhhhmmmm... nikmat deh jika kita sudah merasakan berbuka setelah puasa seharian penuh..
itulah salah satu berkahnya berpuasa. Selain menyehatkan tubuh dan meningkatkan iman serta takwa tentunya.

Ayoooo kawaaaan kita berpuasa!
dapatkan pahala sebanyak - banyaknya yaaaa!!
Jelang hari yang fitri dengan hati yang suci selama ramadhan :D

26 July 2011

Five Scary Myths about Mathematics

There are a lot of wrong myths about mathematics. These wrong myths make people feel allergy and afraid with mathematics. As a consequence, they don’t like mathematics. In other side, most of students get bad score for this lesson. This is not because of they can’t to do, but because from the first time they have heard many scary myths about it. So they become lazy to learn mathematics. From many of those myths, there are five myths that have made negative perception about mathematics. Those are: Mathematics is a difficult lesson, Mathematics is a memorized science that consists of a lot of formula, Mathematics is always related with the speed of counting, Mathematics is an abstract science which doesn’t relate with real life, and mathematics is a bored science.


16 July 2011

Aku ingin . . .

Aku ingin mendaki puncak tantangan, menerjang batu granit kesulitan, menggoda mara bahaya, dan memecahkan misteri dengan sains.
Aku ingin menghirup berupa - rupa pengalaman lalu terjun bebas menyelami labirin lika liku hidup yang ujungnya tak dapat disangka.
Aku mendamba kehidupan dengan kemungkinan-kwmungkinan yang bereaksi satu sama lain seperti benturan molekul uranium : meletup tak terduga- duga, menyerap, mengikat, mengganda, berkembang, terurai, dan berpencar ke arah yang mengejutkan.
Aku ingin ke tempat - tempat yang jauh, menjumpai beragam bahasa dan orang asing.
Aku ingin berkelana, menemukan arahku dengan membaca bintang gemintang.
Aku ingin mengarungi padang dan gurun-gurun, angin melepuh terbakar matahari, limbung dihantam angin, dan menciut dicengkeram angin.
Aku ingin kehidupan yang menggetarkan, penuh dengan penaklukan.
Aku ingin hidup! Ingin merasakan sari pati hidup!

#Edensor (Andrea Hirata)

14 July 2011

MATEMATIKA

hhmmm.. mendengar namanya saja mungkin kita sudah dibuat takut dengannya, apalagi mempelajarinya??
'angka, rumus, hafalan, ribet, pusing, abstrak, geje, hitung-hitungan terus, wahhh susah deh pokoknya'
Begitulah persepsi mayoritas masyarakat di negeri ini. Belum kenal sudah dihantui opini publik menyeramkan tentangnya.
Padahal jika kita sudah berkenalan lebih dekat dengan ilmu yang satu ini, pasti ketagihan! Penasaran?? Ga percaya?? boleh dicobaaaaaa :D


Daripada banyak cincong (a.k.a bicara), yuuk kita mulai kenalan lebih dekat (kalo kata anak gaulnya si pedekate gitu) dengan matematika..

let's start!

26 June 2011

welcome back! ^^

assalamualaikm,.
wahh,.hampir satu tahun ga buka buka blog ini lagi, akhirnya bisa juga setelah dilanda syndrom lupa password (gara-gara kebanyakan account,hihii).
mau utak atik blog lagi aah..

see you di post selanjutnya ...
:-)


oiya,.jangan lupa folow @diannopiyani yaa..
hehee,.
thanks yaa..
byeeeeeee