Pages - Menu

23 April 2012

Selamat Hari Bumi! ^-^

source: google.com
  
22 April, dideklarasikan sebagai hari bumi, ya our earth day! Earth Day dicanangkan oleh Gaylord Nelson pada 1970. Hhmmm, sebenarnya siapa sih Gaylord Nelson ini? kok bisa yaa sampai begitu hebatnya menentukan hari bumi tanggal 22 april??
  Naah, ternyata menurut beberapa sumber, Gaylord ini merupakan seorang Senator Amerika Serikat dan juga pengajar lingkungan hidup. Gaylord memilih tanggal ini karena bertepatan dengan musim semi di Northern Hemisphere (belahan Bumi utara) dan musim gugur di belahan Bumi selatan. 
Namun, PBB sebagai organisasi besar dunia merayakan hari Bumi pada tanggal 20 Maret. (Loh?!kok beda?!). Ini merupakan sebuah tradisi yang dicanangkan oleh aktivis perdamaian John McConnell pada 1969. Hal ini dikarenakan pada tanggal tersebut matahari tepat di atas khatulistiwa yang sering disebut dengan March Ekuinoks.

19 April 2012

setitik bukti dalam matematika

  Sebenarnya sudah lama aku mengambil mata kuliah Teori Bilangan. hhmmmm..kira - kira sudah 2 tahun yang lalu a.k.a di semester 2 aku ngontrak ini, tapi gpp lah tujuannya kan untuk berbagi ilmu, tak ada kata terlambat bukan?!? i hope...
  Oke, langsung aja yuk kita lihat beberapa pembuktian yang ada di teori bilangan. Let's see!


13 April 2012

Pyramid Circulus Galton - part 2

  Sebelumnya sudah diperkenalkan alat peraga matematika yang bernama Pyramid Circulus Galton. Alat yang kami (baca: saya dan Jesi) buat tersebut merupakan pengembangan dari alat peraga Distribusi Galton yang memang telah ada sebelum - sebelumnya. Pada alat ini kami membuatnya hingga menjadi lebih menarik dengan adanya pengembangan fungsi dan desain. Di posting-an kali ini, saya akan menyajikan powerpoint mengenai Pyramid Circulus Galton. Langsung dilihat yuuuk ~

12 April 2012

The Logical Ice Cream

  I'm sure that everyone knows ice cream. Child, teenage, and adult like or moreover love ice cream. Ya, ice cream can make us happy when we are sad, ice cream is the most simple 'snack' (maybe) when we are having a quality time with our family or someone we love.  
source: google.com

 Related to mathematics, i find a logical game about ice cream. This become a challenge for you to solve this problem. It will be easy if you think it easy. So, wanna know?? Let's check it out!

09 April 2012

math's quote

Mathematics are well and good but nature keeps dragging us around by the nose  (Albert Einstein)

If people do not believe math is simple, it is only because they do not realize how complicated life is 
(John Louis von Neumann)

Trigonometri is a sine of the times
(Author Unknown)

Go down deep enough into anything and you will find mathematics (Dean Schlicter)

Pure mathematics is, in its way, the poetry of logical ideas. 
 (Albert Einstein)

05 April 2012

A song for Mama (vs) A song for Daddy

Mom and Dad, two people that i love them so much much muuuuccchhh :*
No one else can replace them in my life. I think you also feel like that, right??!
I will present a song for my great mom and dad, to show how lovely they are to me!


a song for mama
by: Boys II Men

You taught me everything
And everything you’ve given me
I always keep it inside
You’re the driving force in my life, yeah
There isn’t anything
Or anyone I can be
And it just wouldn’t feel right
If I didn’t have you by my side


04 April 2012

Green Action

 sumber: google.com

  Earth Hour 2012 yang dilaksanakan 4 hari yang lalu, 31 Maret 2012 tepatnya, telah berhasil membuat sebuah perubahan besar sebagai salah satu langkah menyelamatkan bumi ini dari pemanasan global yang terus mengancam. Aksi satu jam mematikan lampu tersebut dikabarkan telah menghemat pemakaian beban listrik untuk Indonesia sendiri mencapai lebih dari 500 mega watt.  waaawwww.. kalo di-rupiahkan bisa mencapai lebih dari Rp. 800 juta teman-temaaan. Amazing! Padahal hanya 1 jam saja looooh dalam satu tahun. Gimana kalau earth hour-nya dilakukan setiap bulan sekali.
  mmmmm.. yuuk kita hitung - hitungan penghematan energinya sampai 500 megawatt x 12 = 6000 megawatt!!!!! atau senilai dengan Rp. 800 juta x 12 = Rp. 9.600 juta = Rp. 9,6 Milyar!!!! Nilai yang sangat fantastis bukaaaan?!?!??? Dan perlu diingat itu baru di Indonesia saja.