Pages - Menu

19 June 2012

welcome back, guys! #2

haaaaaaiiiiiiiii...
sudah lama rasanya ga ngepost di blog ini.
dua bulan terakhir yang menyibukkan. yaa, apalagi kalau bukan sibuk tugas kuliah.
SPM, varkom, sisgeo, kalvek nyampur jadi satu (kayak adonan kue aja, hhahaa *agak lebay).
Ditambah juga juni ini saatnya UAS. Jadi mesti belajar yang bener dulu biar target semester ini tercapai semua (aaaamiiiiiiiin) :))
Cerita liburan pekan tak tenang nanti yaa ditulis dalam post selanjutnya setelah uas ini berakhir. :D
Ga lupa juga pengalaman deg-deg-annya persiapan KKN, we'll see next episode, okey?!
See you . . . 

:))

23 April 2012

Selamat Hari Bumi! ^-^

source: google.com
  
22 April, dideklarasikan sebagai hari bumi, ya our earth day! Earth Day dicanangkan oleh Gaylord Nelson pada 1970. Hhmmm, sebenarnya siapa sih Gaylord Nelson ini? kok bisa yaa sampai begitu hebatnya menentukan hari bumi tanggal 22 april??
  Naah, ternyata menurut beberapa sumber, Gaylord ini merupakan seorang Senator Amerika Serikat dan juga pengajar lingkungan hidup. Gaylord memilih tanggal ini karena bertepatan dengan musim semi di Northern Hemisphere (belahan Bumi utara) dan musim gugur di belahan Bumi selatan. 
Namun, PBB sebagai organisasi besar dunia merayakan hari Bumi pada tanggal 20 Maret. (Loh?!kok beda?!). Ini merupakan sebuah tradisi yang dicanangkan oleh aktivis perdamaian John McConnell pada 1969. Hal ini dikarenakan pada tanggal tersebut matahari tepat di atas khatulistiwa yang sering disebut dengan March Ekuinoks.

19 April 2012

setitik bukti dalam matematika

  Sebenarnya sudah lama aku mengambil mata kuliah Teori Bilangan. hhmmmm..kira - kira sudah 2 tahun yang lalu a.k.a di semester 2 aku ngontrak ini, tapi gpp lah tujuannya kan untuk berbagi ilmu, tak ada kata terlambat bukan?!? i hope...
  Oke, langsung aja yuk kita lihat beberapa pembuktian yang ada di teori bilangan. Let's see!


13 April 2012

Pyramid Circulus Galton - part 2

  Sebelumnya sudah diperkenalkan alat peraga matematika yang bernama Pyramid Circulus Galton. Alat yang kami (baca: saya dan Jesi) buat tersebut merupakan pengembangan dari alat peraga Distribusi Galton yang memang telah ada sebelum - sebelumnya. Pada alat ini kami membuatnya hingga menjadi lebih menarik dengan adanya pengembangan fungsi dan desain. Di posting-an kali ini, saya akan menyajikan powerpoint mengenai Pyramid Circulus Galton. Langsung dilihat yuuuk ~

12 April 2012

The Logical Ice Cream

  I'm sure that everyone knows ice cream. Child, teenage, and adult like or moreover love ice cream. Ya, ice cream can make us happy when we are sad, ice cream is the most simple 'snack' (maybe) when we are having a quality time with our family or someone we love.  
source: google.com

 Related to mathematics, i find a logical game about ice cream. This become a challenge for you to solve this problem. It will be easy if you think it easy. So, wanna know?? Let's check it out!

09 April 2012

math's quote

Mathematics are well and good but nature keeps dragging us around by the nose  (Albert Einstein)

If people do not believe math is simple, it is only because they do not realize how complicated life is 
(John Louis von Neumann)

Trigonometri is a sine of the times
(Author Unknown)

Go down deep enough into anything and you will find mathematics (Dean Schlicter)

Pure mathematics is, in its way, the poetry of logical ideas. 
 (Albert Einstein)

05 April 2012

A song for Mama (vs) A song for Daddy

Mom and Dad, two people that i love them so much much muuuuccchhh :*
No one else can replace them in my life. I think you also feel like that, right??!
I will present a song for my great mom and dad, to show how lovely they are to me!


a song for mama
by: Boys II Men

You taught me everything
And everything you’ve given me
I always keep it inside
You’re the driving force in my life, yeah
There isn’t anything
Or anyone I can be
And it just wouldn’t feel right
If I didn’t have you by my side


04 April 2012

Green Action

 sumber: google.com

  Earth Hour 2012 yang dilaksanakan 4 hari yang lalu, 31 Maret 2012 tepatnya, telah berhasil membuat sebuah perubahan besar sebagai salah satu langkah menyelamatkan bumi ini dari pemanasan global yang terus mengancam. Aksi satu jam mematikan lampu tersebut dikabarkan telah menghemat pemakaian beban listrik untuk Indonesia sendiri mencapai lebih dari 500 mega watt.  waaawwww.. kalo di-rupiahkan bisa mencapai lebih dari Rp. 800 juta teman-temaaan. Amazing! Padahal hanya 1 jam saja looooh dalam satu tahun. Gimana kalau earth hour-nya dilakukan setiap bulan sekali.
  mmmmm.. yuuk kita hitung - hitungan penghematan energinya sampai 500 megawatt x 12 = 6000 megawatt!!!!! atau senilai dengan Rp. 800 juta x 12 = Rp. 9.600 juta = Rp. 9,6 Milyar!!!! Nilai yang sangat fantastis bukaaaan?!?!??? Dan perlu diingat itu baru di Indonesia saja. 

29 March 2012

Matematika Aliran Pythagoras

"Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarah bangsanya"
 Kutipan tersebut pasti sudah kita sering dengar di berbagai media dan berbagai sumber. Naah, ternyata matematika juga tidak lepas dari yang namanya sejarah. Perjalanan panjang matematika untuk sampai di dunia ini dan 'jadi' sebagai matematika yang kita kenal sekarang ini cukup panjang dan berliku - liku loooh. Salah satunya sejarah tentang Pythagoras. Pasti tau kaaaan siapa pythagoras itu??? :))
Kalau kita mendengar nama Pythagoras, pasti kita selalu ingat dengan teoremanya, yaitu Teorema Pythagoras yang ada di bangun segitiga. Teorema itu menyatakan bahwa "panjang hipotenusa (sisi miring) pada segitiga siku - siku sama dengan jumlah kuadrat dari dua sisi lainnya"

Di posting-an kali ini, saya akan memberikan gambar - gambar dari slide presentasi kelompok saya di mata kuliah sejarah matematika mengenai Matematika Aliran Pythagoras. Let's check it out!

27 March 2012

Perbaikan Kualitas untuk Sang Pahlawan Tanpa Tanda Jasa


Fokus utama yang harus diperbaiki di dunia pendidikan saat ini yaitu kualitas atau mutu dari tenaga pendidik (guru). Belakangan kita sering mendengar berita – berita di televisi tentang kasus contek masal saat pelaksanaan Ujian Nasional (UN) yang kabarnya kegiatan tersebut merupakan perintah dari guru. Sungguh sangat miris rasanya mengetahui hal itu. Guru yang seharusnya menjadi teladan bagi peserta didiknya justru melakukan hal yang tidak mencerminkan etika dan kualitas dari seorang pendidik. Padahal, kualitas guru menjadi salah satu indikator penting dalam mengukur kualitas pendidikan. Pendidikan dikatakan berkualitas jika mampu mengoptimalkan berbagai potensi peserta didik sebagai makhluk Tuhan yang memiliki kecerdasan moral dan intelektual. Maka, secara tidak langsung guru yang berkualitas akan mampu pula mengoptimalkan kecerdasan – kecerdasan tersebut, disamping kemampuannya dalam menguasai materi pembelajaran dengan baik.


07 March 2012

Math goes to Anyer

Sabtu, 3 Maret 2012, itulah pertama kalinya aku merasakan hangatnya atmosfir kekeluargaan di matematika. "Math goes to Anyer". Acara ini memang katanya dilaksanakan rutin setiap satu tahun sekali, dan beruntungnya aku tahun ini bisa ikut pergi bareng math 4 all , bersama dosen dan seluruh staf di matematika. Pagi itu kita (baca: crew lab) janjian untuk datang jam 06.30, biasaaa, persiapan, karena memang jadwal berangkatnya jam 07.00 . Aku sampai di kampus jam 06.40 (perjalanan dari rumah ke kampus terhambat angkot yang ngetem. uuffth.. untung ga ditinggalin. Kalo sampe ditinggalin, gue suruh anterin abang angkotnya sampe anyer. *eh jadi lebay :D)

"Busnya sudah dataaaaaaang!" begitu kata salah seorang dosen. BBbbrrrrrrr buru - buru aku, Atiya, dan kang Baim, dan teh Tika meluncur dari lab ke lobby kampus. Oiya, satu crew lab lagi, yaitu Rofiq, ga naik dari JICA. Dia naik dari daerah Pasir Koja yang katanya lebih deket dari rumahnya.
Bus 1, bus 2, dan bus 3 bertemu di KM 125 tol Cipularang arah Jakarta. Ternyata bus yang aku tumpangi, bus 1, sampe paling terakhir di sana, hohohoo.. *padahal dari daerah yang paling deket*.
Emang deh rame kalo udh ktemu dan kumpul bareng tuuh, seru!

Perjalanan dilanjutkan menuju rumah (di dalam pesantren) salah satu dosen di jurdikmat yang berada di daerah Balaraja, Tangerang, Banten. Jalan masuknya itu lohh ga nahaaaan, sangat menguji kesabaran bapak supir busnya. atap bus nyium pohon, kabel pun disundul, wahh pokoknya poollll tenan deh. :P


Tapi, begitu sudah sampai di pesantrennya, waahhh, hamparan sawah sangat memanjakan mata. :D
ditambah makan di pinggir kolam, berteman angin nan sejuuuuuk banget :)) bener - bener bikin betah!
Tapi apa daya, namanya juga "mampir", pasti sebentar, karena tujuan awalnya memang adalah ANYER.

02 February 2012

Media Pembelajaran

     Hakikatnya proses belajat mengajar merupakan proses komunikasi antar guru dan siswa. Proses komunikasi yang mungkin terjadi selama proses belajar mengajar adalah:


1. Komunikasi searah


Komunikasi yang hanya terjadi dari guru ke siswa. Ciri – cirinya yaitu: kadar CBSA-nya rendah, sebagai komunikator adalah guru, sebagai komunikannya adalah siswa, dan jika dalam proses belajar mengajar terjadi peragaan, maka kegiatan guru cenderung lebih bersifat demonstrasi.

2. Komunikasi dua arah (dwi arah)

Komunikasi yang terjadi antara guru dengan siswa atau antara siswa dengan guru. Ciri- cirinya adalah: nampak adanya partisipasi siswa dalam kegiatan, guru ataupun siswa bisa sebagai komunikator, dan jika dalam proses pembelajaran terjadi peragaan, maka kegiatan guru akan lebih bervariasi dalam menggunakan teknologi.

3. Komunikasi banyak arah (multi arah)

Komunikasi yang terjadi antara guru dengan siswa atau antara siswa dengan siswa atau antara siswa dengan guru. Ciri – cirinya yaitu: kadar CBSA-nya tinggi, guru maupun siswa dapat sebagai komunikator, proses belajar mengajar yang akan terjadi lebih bervariasi, dan peragaan dalam proses belajar mengajar bersifat eksperimen bagi para siswa.


Selamat Datang Semester 6-ku !

Ga kerasa akhirnya bulan Februari udah dateng aja. It means that semester genap sudah dimulai lagi! dan itu berarti juga genap 3,5 tahun sudah aku belajar di tempat ini. *ups, 3,5 tahun kok genap sih?? ganjil dong harusnya,hehee..
Seperti biasa selalu diawali dengan tanggal 1 untuk permulaan kuliah. Namun kali ini agak sedikit berbeda. Aku baru mulai kuliah tanggal 2. Ya, karena tanggal satu itu jatuh pada hari rabu dan tidak ada mata kuliah yang aku kontrak jatuh pada hari rabu. Jadi, di hari pertama masuk semester genap ini, aku hanya "ngantor" saja di laboratorium komputer untuk asistensi. Feeling dari pagi sih belum akan ada yang praktikum karena biasanya diawali dengan teori terlebih dahulu.
Di hari kedua ini, mata kuliah yang akan menjadi santapan pertama yaitu Fungsi Variabel Kompleks. Semoga saja setelah belajar nanti materinya tidak sekompleks namanya. hohohoo...
Target semester ini semuanya harus dapet A! dan lebih baik dari semester 5 kemarin.
Keep Fighting! Semangat!! ^^

01 February 2012

Pyramid Circulus Galton - Part 1

Di semester 5 yang lalu, aku mengontrak mata kuliah media pembelajaran. Di mata kuliah ini, mahasiswa diwajibkan untuk membuat sebuah alat peraga yang dapat digunakan untuk membantu mempermudah pemahaman konsep matematika. Pembuatan alat peraga dilakukan secara berkelompok. Satu kelompok terdiri dari 2 orang. Nah, aku bersama Jesi memutuskan untuk berkolaborasi dalam menyelesaikan tugas ini. Tugas yang sangat menentukan nilai akhir untu matakuliah media pembelajaran.
Setelah melalui berbagai pertimbangan, akhirnya kami memilih alat peraga dengan judul asli Distribusi Galton. Sesuai dengan judulnya, prinsip yang digunakan yaitu menggunakan prinsip distribusi Galton yang digunakan untuk melihat kurva distribusi normal.
Penasaran kaaaan gimana alat peraga buatan aku dan Jesi.
Daaaraaaamdaaaaaaaaaammmm... ini diaaaaa ------>>>>>


30 January 2012

My 20's

Ngebahas tentang umur, aku jadi teringat sebuah kalimat yang diutarakan oleh Prof. Yaya waktu acara seminar nasional dan temu alumni Jurusan Pendidikan Matematika yang dihadiri oleh Prof. Lee Peng Yee dari Singapura bulan Desember tahun lalu. Beliau bilang, kalau orang matematika yang usianya boleh dibilang sudah dewasa bahkan setengah baya ditanya berapa umurmu saat ini? kita akan menjawab bahwa usia saya saat ini adalah 17+x , untuk menutupi bahwa nilai x >17.
hihihiii.. bisa saja yaa sang professor yang satu ini. Aku selalu kagum dengan beliau, kagum dengan bagaimana cara beliau menyampaikan ide - ide tentang matematika. Awesome!
Tahun 2011 kemarin, alhamdulillah aku masih diberi kesepatan untuk bisa menikmati betapa indahnya dunia ini selama {17+x | x=3 } tahun. :D
Indah karena memiliki orang - orang yang begitu peduli, perhatian, dan sayang denganku. Orangtua, adik, keluarga besar, sahabat, teman, mereka yang menjadi pelangi dalam hidupku. Thank you so much for you all, and i'm so thankful to God bcoz You've given them for me :-*
Ini dia salah satu "kado" dari teman dan sahabat - sahabat (el / d'last) Cinere. Jadi terharu sekaligus seneng liat video ini. Terimakasih yaa my cinere :D :*

23 January 2012

Poster Analisis Real

Jika ditanya mata kuliah apa yang paling sulit bagi mahasiswa - mahasiswi matematika, mayoritas bahkan hampir semuanya akan menjawab ANALISIS REAL. Dilihat dari namanya sih sekilas nih yaa itu tentang segala analisis - analisis yang menyangkut segala hal - hal yang berbau something real. but actually it's so abstract, guys!
Di semester 5 inilah waktunya mahasiswa - mahasiswi angkatan 2009 Jurusan Pendidikan Matematika UPI mengontrak si Mr. Real but Abstract tersebut. Kelas A di-dosen-i oleh bapak Dr. Rizky Rosjanuardi, M.Si.
Uniknya sebagai tugas di akhir perkuliahan, pak rizky memberi tugas untuk membuat poster yang berkaitan dengan analisis real. Tujuannya sih untuk membuat analisis real menjadi lebih menarik dan kita sadar bahwa banyak sekali konsep - konsepnya yang merupakan apikasi dari kehidupan sehari - hari. Sesuai banget dengan slogan bahwa Mathematics is human activity.

Tugas poster ini dibuat perkelompok. Kelompok ku membuat poster yang berkaitan dengan konsep konvergen dan divergen. Setelah dirundingkan dan menggabungkan beberapa ide, inilah posternya.


Poster yang dibuat dengan penuh perjuangan dan diselesaikan dari siang sampai malam hari. Alhamdulillah yaa akhirnya ga sia - sia perjuangannya :D
Nice girls!