Pages - Menu

30 September 2021

Pengalaman di Trimester 1 Kehamilan [ Cek Darah Ibu Hamil di Puskesmas ]

Assalamualaikum bifellas,

Alhamdulillah di tahun ini aku dan suami mendapat karunia dan amanah yg luar biasa dari Allah SWT, kami dipercaya untuk segera menjadi orangtua. MashaaAllah Tabarakallah.. Alhamdulillah aku positif hamil. Saat ini usia kandunganku sekitar 4 bulan. Trimester pertama aku jalani dengan berbagai macam rasa yang nano nano banget, luar biasa, belum pernah aku rasakan ini sebelumnya. Pertama aku tahu kalau aku hamil ketika aku memberanikan diri test pack setelah terlambat haid sekitar 2 minggu. Tadinya 'agak males' buat test pack, takut kecewa lagi, takut terlalu pede, takut gagal lagi, tapi di satu sisi penasaran juga. Hehe *gimana sih ☺️. Akhirnya aku coba melawan rasa takut itu, daaan alhamdulillah puji syukur bangeettt hasilnya positif 😍 Suami pun seneng dan bersyukur bukan main. Akhirnya Allah menganugerahkan yang kami nantikan selama kurang lebih 4 tahun di pernikahan ini. 

Kami memutuskan untuk cek ke dokter kandungan satu minggu kemudian, yang kalau dihitung dari HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir) harusnya sudah sekitar 7 mingguan. Ternyata benar saja, tidak meleset jauh, begitu di-usg alhamdulillah sudah masuk 7 minggu. Kantong janin beserta calon janinnya pun sudah terlihat. MashaaAllah... yang bikin speechless juga kata dokternya sudah ada detak jantungnya. Ya Allah.. betapa besar kuasa-Mu 🥰 .

Tanda-tanda kehamilan sebenarnya sudah aku rasakan dari sekitar minggu keenam, jadi sering ke kamar mandi terus untuk buang air kecil, udah mulai agak mual - mual juga. Minggu ke minggu rasa mual itu semakin menjadi - jadi, terlebih saat pagi dan sore hari. 'Keanehan' pun mulai muncul juga, seperti yang biasanya aku suka banget sarapan nasi kuning, saat itu nyium baunya aja udah bikin mau muntah. Yang tadinya aku suka banget makan olahan ayam, sejak saat itu jadi ga mau makan lauk ayam, pernah nyoba dikit, langsung keluar lagi, hahaha... pengalaman yang aneh dan unik yaa. Ada yang kayak gitu juga enggak temen-temen?! :D


Pertemuan kedua dengan dokter obgyn yaitu saat usia kehamilan 13 minggu. Di sini dokter memeriksa bagaimana perkembangan dedek bayi apakah baik atau tidak. Alhamdulillah aku diperdengarkan suara detak jantung dedeknya, mashaaAllah, pengen nangis saking bahagianya :"). Dokter juga menjelaskan alhamdulillah perkembangannya baik. Di tempat aku periksa, selain ada dokter Sp.Og, ada bidannya juga. Jadi bisa sekalian periksa kedua-duanya. Setelah selesai, Bu Bidan menanyakan ke aku apakah sudah periksa darah belum. Aku jawab belum karena saat itu moment nya bersamaan dengan Ramadhan dan Libur Idul Fitri, jadi belum tes darah. Beliau menyarankan aku untuk segera melakukan tes darah untuk mengetahui dan mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Sesampainya di rumah, aku mulai searching kira - kira dimana tempatnya, berapa harganya, dan indikator apa saja yang ingin diuji. Ternyata aku menemukan informasi bahwa tes darah untuk ibu hamil dapat juga dilakukan di Puskesmas, selama fasilitas Puskesmasnya memadai ya teman-teman. Kebetulan rumah aku lokasinya deket banget sama Puskesmas, hanya sekitar 200-an meter. Jadi aku putuskan buat coba tanya dulu ke Puskesmas bisa enggak tes darah / tes lab untuk ibu hamil, kan lumayan enggak perlu jauh-jauh ke rumah sakit, apalagi lagi pandemi gini. 

Alhamdulillah setelah tanya ke petugas, ternyata di Puskesmas bisa cek darah untuk ibu hamil. Aku putuskan untuk cek darah di sana aja dh. Pendaftarannya hanya membayar uang Rp. 3.000 aja bifellas. Murah banget kan?! Aku diarahkan untuk ke bagian KIA (Kesehatan Ibu dan Anak) terlebih dahulu. Di ruangan, aku ditanyai beberapa pertanyaan oleh bidan dan petugas disana. Diukur juga tensi dan berat badannya. Baru dapet lembar pengantar untuk ke bagian lab yg berisi checklist apa aja yang akan diperiksa nantinya. Yang aku lihat bagian yg ditandai ada Hemoglobin, Gula Darah Sewaktu, Golongan Darah, Rhesus, HIV, Sipilis, dan Hba.Ag. Untuk hemoglobin dan yang 3 terakhir itu gratis, sedangkan Golongan darah dan gula darah dikenakan biaya tambahan, totalnya Rp. 70.000.

Proses pengambilan sampe darah dan pemeriksaannya cukup cepat, enggak sampai setengah jam udah dapat hasilnya. Alhamdulillah semuanya baik dan masih dalam batas normal. Lega banget rasanya 😊 Buat temen - temen yang mau tes darah ibu hamil juga mungkin bisa dateng terlebih dahulu ke Puskesmas di daerahnya masing-masing. Biayanya termasuk murah menurutku dibanding periksa di rumah sakit dan pelayanannya juga oke. :)

Sekian dulu yaa cerita pengalaman aku di kehamilan trimester 1 yang banyak banget kejutannya. Setiap kehamilan punya ceritanya tersendiri, dan itu menjadi pengalaman yang unforgetable banget. Semoga kita semua sehat selalu yaa 😊


Love,


09 May 2021

SUNSCREEN AVOSKIN THE GREAT SHIELD SPF 50 PA ++++ DI KULIT KERING SENSITIF BERJERAWAT [ REVIEW ]

 Assalamualaikum bifellas,

Beberapa minggu terakhir ini cuacanya lagi ekstrem banget ya. Pagi panas, tiba - tiba siang langsung gelap lalu hujan deras. Di malam hari pun enggak beda jauh, terkadang adem, terkadang panas. Keadaan seperti ini bisa mempengaruhi kesehatan kita lho. Bukan hanya kondisi tubuh, kulit pun bisa ikut terpengaruh. Oleh karena itu, kita perlu perlindungan ekstra, terlebih untuk wajah. Nahh, yang mau aku share kali ini yaitu produk yang mampu melindungi wajah dari paparan sinar matahari dan polusi, serta menjaganya agar selalu sehat. Ini dia ~ Avoskin The Great Shield SPF 50 PA ++++ .

Aku beli produk ini dari sekitar awal tahun, karena penasaran pengen nyari sunscreen lain yang cocok dengan kondisi kulit wajah aku, hehe... soalnya selama ini aku pakai sunscreen yang itu itu aja. Udah pernah aku bahas juga di blog ini. Yuk mampir ke sini ya buat yang belum tau :)). 

Sunscreen Avoskin

Avoskin The Great Shield SPF 50 PA ++++ 

Avoskin The Great Shield (TGS) merupakan salah satu produk (yang bisa dibilang) baru yang diluncurkan sekitar kuartal akhir 2020 lalu. Produk ini cukup membuat penasaran karena katanya punya kualitas yang oke. Bener enggak sih?! Aku jadi penasaran juga nih, yuk langsung kita bahas :D

Sunscreen ini memiliki kandungan utama Centella Asiatica, Niacinamide, Vitamin C, dan Zinc Oxide. SPF 50 nya diklaim mampu melindungi kulit dan menahan radiasi sinar UVB hingga 98% , sedangkan PA ++++ memberikan perlindungan yang sangat tinggi terhadap sinar UVA. Fyi bifellas, sinar UVA menjadi berbahaya untuk kulit karena dapat merusak lapisan dalam (dermis) sehingga berpotensi mempercepat proses penuaan akibat kerusakan kolagen. Avoskin TGS diklaim mengedepankan minimal ingredients dan hypoallergenic sehingga bisa digunakan untuk semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif. 

PACKAGING / KEMASAN

Tema utamanya adalah warna hijau muda nan lembut, seperti biasa ciri khasnya Avoskin desainnya minimalis namun tetap cantik dan enak dipandang. Pembelian pertama aku ini yang kemasan kecil ukuran 5 ml atau 0,17 Oz. Untuk kamu yang mau langsung coba ukuran besarnya juga ada yang 30 ml. Untuk yang 5 ml, kemasan utama berupa tube dengan panjang sekitar  +- 10 cm dan diameter +- 1,5 cm. Ringan banget sehingga muat juga di pouch atau kantong kecil dalam tas. Jadi enggak ada alasan buat enggak bawa atau pakai sunscreen ketika lagi traveling, hehe. Oiya, lubang tempat mengeluarkan sunscreen-nya juga kecil banget, jadi kita enggak perlu khawatir nuang atau mencet kebanyakan, karena menurut aku cukup mudah menghandle-nya. 

Kemasan Sunscreen

Ukuran sunscreen Avoskin

Di bagian depan tertera jelas merk dan kandungan utama dari Avoskin TGS. Untuk di bagian belakang tertera penjelasan singkat tentang produk tersebut yang menggunakan bahasa Inggris. Untuk penjelasan dalam bahasa Indonesia tertulis juga kok di bagian samping box kemasan luar. Jadi enggak perlu khawatir ya :))

KOMPOSISI PRODUK DAN MANFAAT

Sunscreen Avoskin The Great Shield memiliki 4 bahan kandungan utama, yaitu :

1. Centella Asiatica

Memiliki manfaat yang memberikan efek melembabkan dan menenangkan kulit.

2. Niacinamide

Sebagai anti inflamasi, sehingga untuk kamu yang punya kulit berjerawat Avoskin TGS ini diklaim aman.

3. Vitamin C

Sebagai anti oksidan yang mampu menangkal radikal bebas dari paparan sinar matahari

4. Zinc Oxide 

Memberikan perlindungan menyeluruh UVA dan UVB di kulit. 

Avoskin juga mengklaim bahwa produk ini bebas dari paraben dan tidak menggunakan parfum tambahan.

Kandungan utama Avoskin Sunscreen

Kandungan lengkap dari Sunscreen ini yaitu :

Water, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Methylpropanediol, Cetearyl Alcohol, Zinc Oxide, Butyl methoxydibenzoylmethane, Cyclopentasiloxane, Hydroxyethyl Acrylare / Sodium Acryloyldimethyl Taurate Copolymer, C20 - 22 Alkyl Phosphate, Lauryl Lactate, Isononyl Isononanoate, Polysilicone-15, Disopropyl Adipate, Titanium Dioxide, C20 - 22 Alcohols, Sorbitan Isostearate, Squalane, Dimethicone, Phenoxyethanol, Ceteareth-33, Niacinamide, Diisopropyl Sebacate, Isodecyl Neopentanoate, Alumunium Starch Octenylsuccinate, Sodium Ascorbyl Phosphate, Imidazolidinyl Urea, Hydroxypropyl Cyclodextrin, Polyglyceryl-3 Polydimethyl Siloxyethyl Dimethicone, Cetearyl Dimethicone Crosspolymer, Polysorbate 60, Stearic Acid, Alumunium Hydroxide, Polydextrose, Disodium EDTA, BHT, Cyclodextrin, Asiaticoside Triethoxycaprylysilane.

TEKSTUR PRODUK

Avoskin The Great Shield Sunscreen memiliki tekstur cream yang ringan dan tidak lengket sehingga mudah diaplikasikan. Namun yang perlu diperhatikan adalah sebaiknya jangan langsung menggunakannya terlalu banyak atau tebal karena berpotensi menimbulkan white cast. Jadi sedikit-sedikit aja dulu pakainya supaya tidak meninggalkan kesan white cast di kulit. 

Tesktur Produk

CARA PAKAI

Aku biasa pakai sunscreen di tahap akhir setelah mengaplikasikan skincare rutin seperti toner, essence, dan serum. Cara pakainya ambil sunscreen dengan menekan tube kemasan secukupnya atau yang disarankan sebanyak 2 ruas jari. Aplikasikan pada wajah secara perlahan di seluruh bagian secara merata. Jika kamu banyak berkegiatan di luar ruangan / outdoor, kamu bisa mengaplikasikan ulang jika merasa membutuhkan perlindungan yang lebih. 

HARGA DAN TEMPAT BELI

Aku beli sunscreen ini secara online di Tokopedia Avoskin Official Store dengan harga sekitar Rp. 50 ribuan. Bebas Ongkir, hehe. Tak lupa aku ingatkan kalau kamu beli online pastikan membelinya di tempat yang trusted yaa sehingga terjamin keaslian produknya. :))

KESAN / IMPRESSION

Pertama kali Avoskin Sunscreen TGS launching, aku penasaran banget, dan begitu datang paket ini wah senangnya bukan main! Kesan pertama megang packagingnya, imut banget! *yaiyalah namanya juga yang ukuran 5 ml, hehe* Desain kemasannya aku suka, bentuk tubenya juga memudahkan pengguna. Untuk cream sunscreen-nya memang benar ringan dan mudah diblend di kulit. Ketika pertama kali pakai, aku kebanyakan gitu apply-nya jadi kayak muncul white cast. Namun setelah diratakan kembali, alhamdulillah udah enggak begitu keliatan. Walaupun produk ini tidak menggunakan pewangi tambahan, dia tetap punya wangi yang soft. 

Contoh pemakaian sunscreen

Setelah pemakaian sunscreen

Untuk ukuran 5 ml ini aku pakai hanya dalam beberapa hari saja lho, cepet banget abisnya, hoho. Untuk pemakaian rutin aku lebih menyarankan untuk langsung beli yang ukuran besar aja, lebih hemat dari segi harga. Tapi buat kamu yang juga mau nyoba dulu kayak aku gitu, ngetest dulu nih apakah cocok di kulit atau enggak, beli yang ukuran kecil juga gpp. :))

Overall, alhamdulillah selama menggunakan Avoskin TGS Sunscreen aku tidak mengalami masalah di wajah. Yang terlihat justru kulit semakin lembab. Apakah akan repurchase? InshaaAllah iya, apalagi untuk traveling ini bakal jadi andalan :)).  Sekian dulu ya sharing aku tentang sunscreen terbaru dari Avoskin, yaitu The Great Shield SPF 50 PA++++. Semoga bermanfaat. Mohon maaf jika masih terdapat kekurangan. See you bifellas. ~ 


Love,

28 January 2021

AVOSKIN TONER YOUR SKIN BAE UNTUK ATASI MASALAH JERAWAT DAN KOMEDO [ REVIEW ]

Toner untuk kulit berjerawat saat ini sudah banyak beredar di Indonesia. Dari mulai merk lokal hingga internasional seperti berlomba-lomba membuat skincare yang cocok untuk mengatasi hal tersebut, karena jerawat masih menjadi salah satu masalah utama yang dialami banyak wanita, termasuk aku.

Avoskin Toner
Avoskin Your Skin Bae Toner


Assalamualaikum bifellas,

Enggak kerasa ya udah 2021 nih. Tahun kemarin memang bukan tahun yang produktif untuk aku menulis. Maafkan yaa karena sempat vakum selama berbulan-bulan. Semoga di tahun baru ini segalanya menjadi lebih baik, dari mulai diri kita sendiri hingga kondisi pandemi covid19 yang semoga bisa segera selesai. Aamiin...Yuk kembali ke fokus kali ini aku mau sharing salah satu skincare baru yang diluncurkan oleh Avoskin di akhir 2020 lalu. Namun aku baru sempat mencobanya di awal Januari ini, yaitu AVOSKIN YOUR SKIN BAE. Series ini terdiri dari toner dan serum yang kalo dilihat sekilas dari packagingnya itu colorful dan menggemaskan banget, hehe.. Ada 4 jenis toner dan 8 jenis serum di series ini. Wahh banyak yaa! Di sini terlihat banget Avoskin concern dengan berbagai masalah kulit wajah yang dialami wanita Indonesia, jadi kita bisa pilih toner dan serum mana yang sesuai dengan masalah kulit kita. Infonya juga skincare ini bisa digunakan mulai dari usia 15 tahun lho, karena menggunakan bahan-bahan alami, no fragrance, dan no alcohol, sehingga bisa untuk kulit sensitif. 

Produk yang aku gunakan di Your Skin Bae (ysb) series ini adalah toner dengan kandungan Salicylic Acid 1% + Zinc + Tea Tree Water. Dari kandungannya tersebut, kalau kamu tebak ini seperti jenis exfoliating toner, yap kamu benar! Toner ini berfungsi sebagai anti acne, komedo, dan mengangkat sel kulit mati. Yuk kita bahas lebih detail:

AVOSKIN YOUR SKIN BAE TONER SALICYLIC ACID 1% + ZINC + TEA TREE WATER

Kemasan Toner
Kemasan Avoskin Your Skin Bae Toner

PACKAGING / KEMASAN
Warna dari box toner ini super cute sih menurut aku. Pink yang lembut dan bagus, dengan desain kemasan bertema minimalis. Aku suka! Ukurannya 100 ml atau 3.33 oz. Enggak terlalu besar dan kecil juga, enak digenggam. Yang penting bisa cukup masuk pouch skincare, jadi bisa dibawa kemana-mana. Untuk botol tonernya terbuat dari plastik, sehingga tidak terlalu berat. Satu lagi yang aku suka ialah menggunakan botol transparan, jadi isi tonernya keliatan seberapa banyak. Oiya, tulisan Brand dan Series yang tertera di botolnya itu timbul lho bifellas. Jadi walaupun minimalis, tetap terkesan mewah dan unik. 

KOMPOSISI PRODUK DAN MANFAAT
Sesuai dengan namanya, kandungan utama toner ini adalah Salicylic Acid 1%,  Zinc, dan Tea Tree Water. Untuk komposisi produk lengkapnya yaitu air (water), Propylene glycol, Glycerin, Salicylic Acid, Phenoxyethanol, Zinc PCA, Melaleuca Alternifolia Leaf Water, Chlorphenesin, Disodium EDTA, Xanthan gum, dan Sodium Bisulfite.

Oleh karena itu fungsi dari ysb toner ini diantaranya:
1. Mengurangi komedo hitam (Blackhead) dan komedo putih (Whitehead).
2. Membantu melawan jerawat.
3. Mengangkat sel kulit mati.
4. Meningkatkan regenerasi sel epidermis.
5. Sebagai anti sebum agent yang dapat membantu mengurangi minyak berlebih.

TEKSTUR PRODUK
Aku suka toner yang water based, karena berasa ringan di kulit dan cepat menyerap, seperti ysb toner ini. Cair banget kayak air biasa, enggak lengket. I love it! Walaupun dia diklaim no fragrance, tapi masih ada wanginya lho bifellas. Tapi tenang, enggak strong kok.  

Tesktur Toner
Tekstur tonernya watery

CARA PAKAI
Sama seperti toner lain pada umumnya, penggunaan toner ini pun menggunakan kapas. Tuangkan toner beberapa tetes, secukupnya ya, hingga membasahi seluruh bagian kapas, lalu usapkan secara merata pada wajah. Bisa digunakan pagi dan malam hari. Karena toner ini sifatnya exfoliate, aku enggak pakai tiap hari, sekitar 2 - 3 hari sekali saja. Untuk yang daily aku pakai toner cosrx yang pernah aku bahas sebelumnya. 

HARGA DAN TEMPAT BELI
Produk ini aku beli online di Tokopedia Avoskin Official Store. Harganya Rp. 149.000. Jika kamu membeli online pastikan dari toko yang trusted ya, sehingga keaslian produknya terjamin. :))

KESAN / IMPRESSION
Tipe kulitku cenderung kering dan berjerawat. Pertama kali aku pakai toner ini kerasa agak panas di wajah, mungkin karena aku udah terlalu lama enggak pakai exfoliating toner, hoho.. Rasa panas ini terjadi di awal-awal pemakaian pertama. Seterusnya alhamdulillah enggak lagi. Tapi pada minggu pertama, kulit aku seperti langsung bereaksi gitu, muncul jerawat di pipi kanan, bukan hanya 1 tapi langsung 3 sekaligus. Setelah jerawatnya kempes, di minggu kedua entah kenapa jadi gantian muncul jerawat di pipi sebelah kiri. Jumlahnya pun lebih dari 1. Sedih, tapi alhamdulillah enggak berlangsung lama dan masih bisa diatasi. Mungkin kulit aku masih beradaptasi dengan toner ini ya. 

Kondisi kulit
Kondisi awal kulit aku sebelum menggunakan Avoskin YSB Toner

Untuk komedo, di hidung aku juga memang terdapat masalah tersebut. Selama menggunakan ysb toner lebih dari 2 minggu aku dapat merasakan komedo mulai berangsur hilang. Bye dungdak! (hidung landak) ^.^  

Aku pakai toner ini terkadang di pagi hari, kadang juga di malam hari. Ganti-gantian aja gitu, hehe. Jika digunakan di pagi hari, aku juga mengaplikasikan sunscreen setelahnya. Jika dipakai pada malam hari, paling lanjut essence aja. Yang aku suka juga pada pagi harinya kulit jadi kerasa lebih enak, lebih halus, dan terasa lebih sehat :))

After pemakaian Avoskin Toner
Kondisi setelah seminggu pemakaian. Terlihat muncul jerawat di pipi. 

Overall aku suka dengan toner ini, walaupun awalnya jerawat jadi pada muncul, tapi bisa membuat kulit terasa lebih bersih, sel-sel kulit mati pun terangkat. Untuk kamu yang punya masalah dengan jerawat dan komedo, Avoskin Toner ini bisa jadi salah satu pilihan skincare yang patut dipertimbangkan. Semoga cocok ya di kulit kalian. :) 

Sekian dulu sharing aku tentang Toner terbaru dari Avoskin, Your Skin Bae Series dengan kandungan utama Salicylic Acid 1% + Zinc + Tea Tree Water. Semoga bermanfaat. Mohon maaf jika masih terdapat kekurangan. See you bifellas


Love,