Persiapan Mudah Liburan ke Singapura Pertama Kali

Liburan ke Singapura, perlu persiapkan apa aja sih? Budgetnya berapa ya? Mahal enggak? Pertanyaan-pertanyaan tersebut inshaaAllah akan terjawab di sini. Semoga ini bisa memudahkan kamu dalam menyiapkan liburan ke Singapura :))
Persiapan Liburan ke Singapura
Marina Bay Sand - Salah satu icon Singapore

Assalamualaikum bifellas..

Selamat tahun baru 2020! Postingan pertama di tahun ini aku mau share pengalaman liburan November kemarin ke negeri tetangga, yaitu Singapura. Sebelum memutuskan liburan ke Luar Negeri, pastikan kita sudah memiliki Paspor ya bifellas, atau jika kita sudah memilikinya pastikan juga masa berlakunya masih lebih dari 6 bulan. Berikut adalah 6 persiapan mudah sebelum liburan ke Singapura.

Persiapkan Paspor
Persiapkan Paspor

 1. HOTEL

Persiapan liburan ke Singapura yang lalu sebenarnya sudah aku persiapkan sejak enam bulan sebelumnya. Lama juga yaa?!hoho.. Dimana pada saat itu ada promo Epic Sale dari Traveloka. Enggak serius juga, iseng-iseng nyoba cek promonya untuk hotel di Singapur, eh ketemu harga yang diskonnya lumayan banget, lebih dari 50% potongannya. Biasanya tarif normal menginap di sana berkisar di atas satu jutaan untuk akomodasi yang letaknya di kawasan-kawasan strategis, namun saat itu ketemu promo hotel dengan harga hanya Rp. 500-600 ribuan/malam (dari harga normal Rp. 2 jutaan) di Bay Hotel Singapore, saat ini namanya telah berubah menjadi Travelodge Hotel Singapore. Aku langsung ngomong sama suami, dan alhamdulillah suami juga mau, hehe. Aku booked deh 2 malam di Hotel tersebut. Asiiik!

Travelodge Hotel Singapore
Kamar di Travelodge Harbourfront Hotel Singapore

View dari Kamar Hotel
View dari Kamar Hotel Travelodge Harbourfront Singapore

Dari segi lokasi, Travelodge Hotel Singapore berada di daerah yang sangat strategis, di depan Vivo City Mall dan dekat dengan gerbang Sentosa Island. Kalau kamu mau main ke Resort World Sentosa dengan transportasi umum, yaitu Monorail Sentosa Express, di Vivo City Mall inilah tempatnya bifellas. Hotel bintang empat ini juga dekat dengan stasiun MRT Harbourfront dan Bus Stop. Pokoknya secara akses, enakeun banget deh, t.o.p!

2. TIKET PESAWAT

Penerbangan dengan Singapore Airlines
Singapore Airlines
Next setelah hotel beres, aku enggak langsung beli tiket pesawat, tapi nunggu dulu beberapa bulan setelahnya, berharap ada promo lagi dan sambil nabung juga :)). Alhamdulillah bener ada lagi Epic Sale nya. Langsung sikaat! Hehe. Aku dan suami pilih penerbangan dengan maskapai Singapore Airlines (PP), dapet harga di bawah 1 juta, sekitar Rp. 900ribuan per sekali jalan. Jadi Pulang Pergi sekitar Rp. 1,8 jutaan per orang. Itu udah termasuk bagasi 30 kg, makanan, dan fasilitas hiburan di pesawat. Jam keberangkatan aku pilih yang pagi, sekitar jam 9. Durasi penerbangan ke Singapura sekitar 2 jam, dengan harapan pas sampai sana bisa jalan-jalan dulu sebentar sambil makan siang terus check in hotel. Terminal keberangkatan untuk SQ (sebutan kode penerbangan Singapore Airlines) berada di terminal 3 Soekarno Hatta International Airport, counter check in C. Aku turun di Gate 03, pintu masuk terdekat dengan counter check in C. Untuk penerbangan internasional, upayakan 3 jam sebelum keberangkatan kita sudah berada di Bandara bifelas, supaya aman enggak ketinggalan pesawat, hehe. 

3. TIKET TEMPAT WISATA

Flower Dome di Gardens by the Bay
Gardens by The Bay - Flower Dome

Art Science Museum di Marina bay sands
Art Science Museum Singapura
Melancong ke Singapore, rasanya kurang afdol kalau enggak mengunjungi tempat-tempat wisata iconic di sana, seperti Gardens by The Bay, Art Science Museum, Universal Studio, S.E.A dan lain sebagainya. Karena aku enggak mau ribet atau bingung nantinya, aku beli tiket masuk wisata ini juga di Traveloka. Selain harganya lebih murah, ada banyak lagi tambahan diskonnya. Jadi makin hemat di kantong deh, hehe. Oiya sebelum memutuskan membeli tiketnya, alangkah lebih baik kita sudah menyusun rencana perjalanan liburan nanti, supaya enggak mubadzir bifellas, takutnya udah beli tapi ternyata malah enggak kepake.

4. KARTU UNTUK TRANSPORTASI

Singapura merupakan salah satu negara dengan sistem transportasi umum yang baik dan saling terkoneksi. Ada berbagai pilihan jenis transportasi umum yang dapat kita gunakan untuk berkeliling di Singapore, seperti Bus, MRT, LRT, Taksi, dll. Pembayarannya mayoritas cashless bifellas alias menggunakan kartu yang tinggal di tap-tap aja. Umumnya ada kartu EZ-Link, STP (Singapore Tourist Pass), NETS Flash Pay, dsb. EZ-Link dan NETS merupakan kartu yang ada limit saldonya dan harus diisi ulang kembali ketika habis, kalau di Indonesia semacam emoney, flazz bca gitu. Bisa dipakai juga untuk jajan di minimarket dan beberapa restoran. Sedangkan STP tidak ada limit saldonya, tapi ada limit hari, dari mulai 1 hingga 3 hari. Kamu bisa beli sesuai berapa lama kamu liburan di Singapore. Pada saat itu aku berencana liburan 3 hari, maunya naik mrt aja kemana-mana, hehe.. jadi aku beli STP yang untuk 3 hari sekitar 30 SGD atau Rp. 300ribuan. Selama 3 hari itu artinya kita bebas naik mrt berapa kalipun tanpa harus khawatir saldo habis. Pokoknya jalan-jalan bisa tenang, tinggal tap-tap aja! :D. Aku beli STP di Traveloka juga. Penukarannya bisa di counter Changi Recommends di Terminal Changi. 

Tempat membeli simcard dan kartu stp singapura
Konter Changi Recommends di Changi Airport
5. KONEKSI INTERNET (SIMCARD / TRAVEL MODEM)

Biar koneksi tetep on, sebenarnya ada dua pilihan supaya kita tetap bisa menikmati jaringan internet di Singapura, yaitu dengan membeli Simcard Baru atau Rental Modem Wifi. Kalau kamu punya kartu kredit, menurut aku lebih enak rental travel modem. Selain lebih murah, tidak pakai deposit untuk pembayaran dengan kartu kredit, tentu lebih praktis karena dengan 1 alat bisa dipakai untuk beberapa devices. Kamu bisa kepoin instagram atau webnya Javamifi atau Passpod untuk detail harga dan cara rentalnya. Kalau tidak pakai kartu kredit, tetap bisa sih tapi harus nyimpen uang deposit sekitar Rp. 500ribu yang nantinya akan dikembalikan lagi ke kamu. Aku dan suami memutuskan untuk beli simcard aja. Kalau kamu beli simcard di Changi, harganya mayoritas sekitar SGD 30, dengan kuota 100 GB dengan masa aktif 12 hari. Saran aku lebih baik beli di minimarket seperti Seven Eleven. Harganya jauh lebih murah, SGD 12 aja untuk kuota 100GB dengan masa aktif 7 hari. Ini udah cukup banget kalau buat aku dan suami. 

6. UANG JAJAN

Mata uang Singapura yaitu Dollar Singapore (SGD) rate nya sekitar Rp. 10ribu / 1 dollar. Karena kebutuhan liburan (seperti yang disebutkan di atas) udah aku persiapkan semua, jadi uang cash yang aku bawa enggak terlalu banyak, paling untuk jajan, makan, dan beli oleh-oleh aja. Estimasi nya sekitar SGD 100 / hari. 

Itu dia hal-hal yang sebaiknya dipersiapkan sebelum kita liburan ke Singapura. Semoga bisa membantu ya bifellas. :)) 

Love,

No comments :

Post a Comment