Pengalaman Naik Kereta Argo Parahyangan Jakarta Bandung Bersama si Kecil | Beaufavele by diannopiyani

Pengalaman Naik Kereta Argo Parahyangan Jakarta Bandung Bersama si Kecil

 Assalamualaikum wr.wb teman teman semua ~

MashaaAllah enggak kerasa udah di bulan Maret 2023, dan ini adalah postingan pertama tahun ini. Bismillah semoga bisa lebih rajin nulis ya. Aamiin...

Stasiun Gambir Jakarta

Di awal tahun kemarin, tepatnya bulan Februari, alhamdulillah aku berkesempatan mengajak Nara jalan - jalan ke Bandung. Kali ini bukan naik mobil, tapi menggunakan Kereta Api. Yap! kami naik kereta api Argo Parahyangan yang berangkat dari Stasiun Gambir, Jakarta. Setelah kurang lebih 3 tahun absen naik kereta, akhirnya bisa merasakan kembali vibes-nya. MashaaAllah... ada beberapa perubahan yang terlihat di Stasiun Gambir, seperti saat ini terdapat taman di area tengah stasiun, bangus banget bisa jadi spot foto yag iconic kalo ke sini. Tersedia juga Lounge, ruang tunggu exclusive untuk penumpang kereta kelas Eksekutif keatas, seperti Priority, Luxury, dan Panoramic. Sayangnya aku tidak ke sana karena tidak naik kereta api kelas tersebut. Semoga suatu hari nanti bisa merasakan juga yaa, hehe.. aamiin ~ Oiya syarat untuk bisa naik kereta saat itu adalah penumpang usia 18 tahun ke atas wajib sudah vaksin booster 1 atau dosis ketiga. Untuk status vaksin otomatis tercetak di tiket (menurutku karena saat pesan tiket menggunakan nomor identitas ktp, sehingga data-nya sudah nge-link), jadi tidak menunjukan sertifikat vaksin manual lagi saat pemeriksaan tiket. 

Naik kereta Api Argo Parahyangan Jakarta Bandung

Setengah jam sebelum waktu keberangkatan kereta, kami naik ke peron yang ada di lantai paling atas. Biasanya naik melalui eskalator saja, kali ini menggunakan lift karena bawa Nara yang menggunakan stroller dan bawa koper (maklum sejak ada bayi kalau kemana-mana barang bawaan jadi auto lebih banyak bun, hehe). Sebenarnya jika kalian merasa repot atau tidak bisa bawa barang bawaan sendiri, ada jasa Porter di stasiun lho. Saat itu aku belum memutuskan untuk menggunakan jasa bapak Porter karena masih bisa dibawa satu - satu dengan suami. Saat sampai di lantai atas, kereta api Argo Parahyangan yang akan kami naiki sudah tersedia. Kami masuk di gerbong Eksekutif 2. Lokasinya ada di bagian agak belakang dari rangkaian kereta, sedangkan di bagian depan rangkaian adalah gerbong Ekonomi Premium. Oiya untuk tarifnya saat itu adalah Rp. 200.000 untuk kelas eksekutif (harganya naik banyak banget, terakhir naik masih 100ribuan soalnya, huhuu). Dengan adanya kenaikan tarif, sebagai penumpang berharapnya ada kenaikan pelayanan juga, semoga yaa. Fyi, untuk bayi tidak dikenakan biaya alias free ya aybun, namun tetap wajib memiliki tiket, namanya tiket infant. Jadi saat pemesanan, tetap pesan 3 orang (2 dewasa, 1 bayi).

Kereta Api Argo Parahyangan 

Nara di kereta

Waktu tempuh Jakarta - Bandung sekitar 3 jam. Selama perjalanan, alhamdulillah Nara enjoy, enggak rewel, dan justru terlihat happy. Dia seneng jalan-jalan di lorong keretanya, hehe.. Yang paling dikangenin dari perjalanan kereta Jakarta - Bandung atau sebaliknya adalah view hijaunya sawah, pegunungan, maupun jurang yang dilewati. Berasa segar aja gitu liatnya. Salah satu alasan kenapa aku memilih ke Bandung naik kereta salah satunya adalah karena hal tersebut, selain menghindari macet tentunya. Aku juga merasa sepertinya akan lebih nyaman kalau bawa anak kecil naik kereta karena ruang geraknya lebih luas dibandingkan naik bus atau mobil travel.

Pemandangan hijau sawah

Untuk fasilitas di dalam kereta tersedia colokan listrik untuk masing masing kursi yang menempel di bawah meja dekat jendela. Kursinya pun nyaman, bisa diubah posisi sandarannya jadi lebih rebah, ruang kaki luas, dan terdapat meja lipat. Untuk wc walaupun tidak luas, namun bersih dan cukup nyaman untuk buang air. Ada keran wastafel, sabun, serta plastik untuk membuang sampah seperti pembalut. Selama di perjalanan juga kita bisa memesan makanan dan minuman yang tersedia baik secara langsung maupun via aplikasi KAI Access lho aybun. Pembayarannya pun bisa cash dan digital. Mantap! Untuk minuman ada air mineral, teh, kopi, dll. Untuk makanan ada nasi goreng, nasi dori, nasi ayam, dll. Jadi enggak takut kelaperan atau kehausan deh, hehe. 


Jurang yang dilewati kereta api Jakarta Bandung

3 jam berlalu, alhamdulillah kami sampai di Bandung. Waww! ternyata Stasiun Bandung pun sudah berubah, jadi lebih bagus dan besar. Saat ini terdapat jembatan penghubung antar peron yang sudah dilengkapi dengan eskalator naik dan turun, tidak lagi melintas melewati rel untuk keluar stasiun. MashaaAllah, jadi lebih aman juga tentunya. Keluar dari stasiun, kami memesan layanan mobil online untuk menuju ke hotel. Mau tau cerita liburan kami selanjutnya di Bandung? InshaaAllah di postingan berikutnya yaa teman-teman. 

Stasiun Bandung

Semoga sedikit cerita ini bermanfaat untuk teman-teman semua. Mohon maaf jika ada hal yang kurang berkenan. See you ~

Wassalamualaikum wr. wb


Salam,


Dian

No comments :

Post a Comment