RA & ETU by Restu Anggraini

source: IG @etuofficial
Restu Anggraini, wanita kelahiran 18 Maret 1987 ini dikenal sebagai seorang desainer busana muslim Indonesia yang telah mengibarkan sayapnya ke mancanegara. Perempuan lulusan Esmod Jakarta dan Phalie Art Studio ini mulai terjun ke dunia fashion sejak 6 tahun terakhir. Sebelumnya, Restu sempat bekerja di sebuah event management dan bertugas dalam promosi produk. Kesenangan Restu bekerja di dunia kreatif membuat ia bersama dua rekannya memutuskan untuk membuka sebuah bisnis fashion. Dengan target pasar para muslimah yang notabene berhijab, mereka bertiga memulai usaha dengan modal awal 3 juta Rupiah. Desain fashionnya terdiri atas dress, outwear, celana, dan rok yang jumlahnya tak lebih dari 10 buah untuk masing-masing jenis. Melalui Facebook, mereka tidak menyangka bahwa produknya mendapat respon yang luar biasa. Berbagai pameran dan bazar di mal mereka ikuti, dan lagi-lagi produknya laris di pasaran. Dari sana, Restu mulai berpikir untuk serius menekuni bidang fashion. 

Pada tahun 2011, produksi untuk usahanya tersebut masih menggunakan konveksi yang berlokasi di Bandung. Seiring banyaknya peminat, Restu memindahkan produksi usahanya ke Jakarta. Namun disaat yang bersamaan, dua teman Restu terpaksa mundur lantaran harus pindah kantor ke luar kota. Ditinggal sendirian tak lantas membuat Restu patah semangat. Ia justru semakin kreatif dalam menampilkan karakter fashionnya. RA by Restu Anggraini dan ETU merupakan dua brand yang didirikannya. 

Lantas apakah produk RA dan ETU itu sama? Ataukah terdapat perbedaan diantara keduanya? 
Mengutip dari blog miliknya (helgabonanza.blogspot.co.id), Restu menjelaskan bahwa “RA dan ETU memiliki benang merah yang sama yaitu modest work wear. Hanya perbedannya ada di dalam twist desainnya itu sendiri. RA lebih cenderung plain dan dengan cutting yang simple, sedangkan ETU memiliki twist pada tekstur bahan, pada brand ETU saya lebih berfokus ke pengolahan bahan atau bahasa kerennya creative fabric 

Perbedaan lainnya yang terlihat yaitu RA by Restu Anggraini menyasar pasar anak muda, sehingga model-modelnya pun disesuaikan dengan selera anak muda yang mudah untuk dimix and match. RA memiliki konsep busana dengan desain smart casual yang cocok untuk office dan daily look. Sementara itu brand ETU ditujukan untuk pakaian yang lebih formal dengan menghadirkan siluet penampilan yang terlihat lebih minimalis. ETU ditargetkan untuk pasar luar negeri yang modelnya dibuat sesuai gaya wanita kantoran. Dari segi harga, RA dijual sekitar harga 200 ribuan, sedangkan harga untuk produk ETU mulai dari 800 ribuan.
source : restuanggraini.com

Produk-produk Restu Anggraini dapat dilihat pada http://www.restuanggraini.com/ dan juga instagram @ra_info dan @etuofficial.

source: IG @etuofficial
Source:
http://helgabonanza.blogspot.co.id/
http://indonesiaenterpreneur.blogspot.co.id/2015/07/restu-anggraini-sukses-menjadi-desainer.html
http://www.restuanggraini.com/

2 comments :