MATEMATIKA

hhmmm.. mendengar namanya saja mungkin kita sudah dibuat takut dengannya, apalagi mempelajarinya??
'angka, rumus, hafalan, ribet, pusing, abstrak, geje, hitung-hitungan terus, wahhh susah deh pokoknya'
Begitulah persepsi mayoritas masyarakat di negeri ini. Belum kenal sudah dihantui opini publik menyeramkan tentangnya.
Padahal jika kita sudah berkenalan lebih dekat dengan ilmu yang satu ini, pasti ketagihan! Penasaran?? Ga percaya?? boleh dicobaaaaaa :D


Daripada banyak cincong (a.k.a bicara), yuuk kita mulai kenalan lebih dekat (kalo kata anak gaulnya si pedekate gitu) dengan matematika..

let's start!



MATEMATIKA , apa sih arti dari kata itu??


Kalo dilihat dari asal katanya, MATEMATIKA berasal dari bahasa yunani ' mathema ' , artinya pengkajian, pembelajaran, ilmu.
Setiap orang punya definisi sendiri-sendiri terhadap matematika. Ada yang berbiacara matematika adalah ilmu yang mempelajari tentang angka, simbol, dan pengolahannya. Ada pula yang mengutarakan bahwa matematika itu adalah ilmu hitung. Matematika adalah queen of science . Bahkan ada juga yang mengatakan mathematics is human life alias matematika adalah hidup manusia. Semua pendapat tersebut sah - sah saja selama masih bisa diterima dengan logika. Namun, saya mempunyai pendapat sendiri tentang matematika. Menurut saya, matematika adalah setiap kegiatan manusia.
Dalam melakukan setiap kegiatannya, pastilah tidak lepas dari matematika, dari mulai bangun pagi hingga tidur malam kembali matematika selalu menemani langkah kehidupan kita. Ga percaya?? contoh : makan , berapa suap anda satu kali makan? berapa lama waktu anda makan? berapa harga makanan yang anda makan? . Berjalan, berapa langkah anda berjalan dari tempat asal ke tempat tujuan anda? berapa lama waktu tempuh perjalanan anda? . Bernafas juga menggunakan matematika lohhh, ni buktinya : berapa kali anda mengambil nafas dalam satu menit? semua jawaban - jawaban itu menggunakan matematika, MATEMATIKA itu setia, selalu menemani, sampai - sampai tidak bisa dipisahkan dari kita. Mencoba untuk menyukai dan 'mencintai' matematika bukanlah hal yang sulit jika kita mau dan berkeinginan. Hidup akan terasa lebih indah dengan lukisan - lukisan matematika di alam semesta yang Allah ciptakan.


------ bersambung.........

No comments :

Post a Comment