Horeeee.. ramadhan segera tiba!

Sekarang sabtu..besok minggu..besoknya lagi senin..
Wuaahhh,.ga kerasa 2 hari lagi ramadhan tiba! Setelah hampir satu tahun yang lalu kita berpisah dengan bulan mulia yang satu ini, esok lusa kita akan bertemu lagi dengannya. Senangnyaaaaaaa......alhamdulillah ya Allah, terima kasih engkau akan mempertemukan aku lagi dengan bulanMu yang penuh berkah.

Mendengar kata "Ramadhan" , pasti sontak pikiran kita langsung menuju ke satu kata yang berinisial P, berakhiran A, tengah-tengahnya UAS (*looh, malah dikasih tau :D) . yaaak benaaaaar! PUASA!
Buat kita yang sudah dewasa, puasa itu wajib hukumnya, jadi apabila kita bolos puasa (bukan sekolah aja yang bisa bolos) kita berdosa. Sebaliknya jika kita melaksanakannya dengan baik kita akan dapet pahala n berkah dari Allah. mau mau kaaaaaaan???
Buat ade - ade kita yang masih kecil, bisa mulai diajarkan berpuasa agar jika telah dewasa nanti sudah terbiasa dengan ibadah puasa ramadhan.

Ngomong-ngomong tentang puasa, yuk kita upas sedikit .....
Puasa secara bahasa artinya menahan atau mencegah. Menurut syariat islam, puasa adalah menahan diri dari makan dan minum serta segala perbuatan yang bisa membatalkan puasa, mulai dari terbit fajar hinggalah terbenam matahari, dengan syarat tertentu. Puasa disebut juga shaum.
Puasa merupakan rukun islam ketiga setelah syahadat dan solat. Perintah puasa difirmankan oleh Allah pada Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 183.

Malam hari menginjak bulan ramadhan, kita sudah terbiasa melaksanakan solat tarawih. Solat tarawih hukumnya sunah, dan hanya dilaksanakan pada bulan ramadhan saja. Pelaksanaannya dilakukan setelah salat isya. Jumlah rakaatnya ada yang 11 rakaat (8 rakaat+3 rakaat witir) dan ada pula yang melaksanakan sebanyak 23 rakaat (20 rakaat+3 rakaat witir).
Dari tahun ke tahun. jika kita amati, pada awal - awal puasa, jamaah solat tarawih sangat banyak, hingga memenuhi ruangan masjid, bahkan tak jarang sampai ke halaman masjid. Namun, biasanya setelah satu minggu puasa, semakin hari jumlah jamaahnya semakin berkurang, malah mendekati lebaran bisa dihitung jari berapa orang yang melaksanakan solat tarawih di masjid. Mengapa sampai terjadi demikian??? jawabannya ada dalam diri kita masing-masing.

Pada pukul 2-4 dini hari, kita dibangunkan oleh mamah / papah untuk makan sahur. Bangun ketika sahur tidak gampang looh, banyak godaannya, terutama NGANTUK. Rasanya masih mau mereeeeem aja matanya tuuh.
Sahur hukumnya sunah. Tetapi dengan melaksanakan makan sahur kita jadi mempunyai asupan makanan untuk tubuh agar kuat melaksanakan puasa. Batas waktu untuk sahur sampai waktu imsak tiba.

subuh ---- pagi ----- siang ------ sore ----- MAGHRIB!
pasti seneng deh kalo udah denger adzan maghrib..ya kaaan?? berarti kita sudah harus segera berbuka. Makanan untuk berbuka puasa disarankan yang manis - manis. Kurma menjadi salah satu makanan favorit umat muslim untuk berbuka.
Di indonesia sendiri, biasanya ada yang namanya Kolak. Jenisnya macam - macam, ada kolak ubi, pisang, candil, dll tergantung ciri khas daerahnya.
hhhhmmmm... nikmat deh jika kita sudah merasakan berbuka setelah puasa seharian penuh..
itulah salah satu berkahnya berpuasa. Selain menyehatkan tubuh dan meningkatkan iman serta takwa tentunya.

Ayoooo kawaaaan kita berpuasa!
dapatkan pahala sebanyak - banyaknya yaaaa!!
Jelang hari yang fitri dengan hati yang suci selama ramadhan :D

No comments :

Post a Comment