Green Action

 sumber: google.com

  Earth Hour 2012 yang dilaksanakan 4 hari yang lalu, 31 Maret 2012 tepatnya, telah berhasil membuat sebuah perubahan besar sebagai salah satu langkah menyelamatkan bumi ini dari pemanasan global yang terus mengancam. Aksi satu jam mematikan lampu tersebut dikabarkan telah menghemat pemakaian beban listrik untuk Indonesia sendiri mencapai lebih dari 500 mega watt.  waaawwww.. kalo di-rupiahkan bisa mencapai lebih dari Rp. 800 juta teman-temaaan. Amazing! Padahal hanya 1 jam saja looooh dalam satu tahun. Gimana kalau earth hour-nya dilakukan setiap bulan sekali.
  mmmmm.. yuuk kita hitung - hitungan penghematan energinya sampai 500 megawatt x 12 = 6000 megawatt!!!!! atau senilai dengan Rp. 800 juta x 12 = Rp. 9.600 juta = Rp. 9,6 Milyar!!!! Nilai yang sangat fantastis bukaaaan?!?!??? Dan perlu diingat itu baru di Indonesia saja. 


  Sebenarnya, nilai - nilai tersebut bukanlah sasaran utama yang ingin dicapai dalam setiap kegiatan EH ini. Dibalik itu semua, ada 'sesuatu' yang lebih bermakna untuk kehidupan kita. Perubahan perilaku untuk memanfaatkan energi dan air secara lebih efektif dan efisien. 
 sumber : google.com

"Sebuah langkah kecil untuk perubahan besar di masa yang akan datang"

 Seperti itulah saya memandangnya. Dimulai dari diri sendiri untuk menyelamatkan kehidupan orang banyak. :))
Langkah kecil yang bisa kita lakukan diantaranya:
  1. Menghemat penggunaan air. Jangan terus membiarkan air mengalir dari keran dengan sia-sia. Matikan keran jika sudah tidak digunakan.
  2. Matikan lampu jika sudah tidak digunakan.
  3. Mencabut charger handphone, laptop, dan gadget-gadget lain apabila sudah selesai dipakai. Jangan terus membiarkannya menempel pada sumber listrik.
  4. Mengganti penggunaan tissue dengan saputangan.
  5. Membawa air dalam botol minum yang dapat dipakai berulangkali.
 Selain 5 langkah kecil tersebut, tentu masih banyak lagi yang dapat kita lakukan yang intinya hemat-hematlah menggunakan energi dan air.

Let's save our planet! Make it green! :D


Itulah aksiku! mana aksimu??

No comments :

Post a Comment