Selamat Hari Bumi! ^-^

source: google.com
  
22 April, dideklarasikan sebagai hari bumi, ya our earth day! Earth Day dicanangkan oleh Gaylord Nelson pada 1970. Hhmmm, sebenarnya siapa sih Gaylord Nelson ini? kok bisa yaa sampai begitu hebatnya menentukan hari bumi tanggal 22 april??
  Naah, ternyata menurut beberapa sumber, Gaylord ini merupakan seorang Senator Amerika Serikat dan juga pengajar lingkungan hidup. Gaylord memilih tanggal ini karena bertepatan dengan musim semi di Northern Hemisphere (belahan Bumi utara) dan musim gugur di belahan Bumi selatan. 
Namun, PBB sebagai organisasi besar dunia merayakan hari Bumi pada tanggal 20 Maret. (Loh?!kok beda?!). Ini merupakan sebuah tradisi yang dicanangkan oleh aktivis perdamaian John McConnell pada 1969. Hal ini dikarenakan pada tanggal tersebut matahari tepat di atas khatulistiwa yang sering disebut dengan March Ekuinoks.
   Terlepas dari segala perbedaan mengenai kapan tepatnya 'hari jadi' bumi tercinta ini, tentunya banyak keinginan-keinginan dari kita sebagai penghuni terbesar saat ini yang diharapkan bisa tercapai. Sama aja nih seperti kita kalau sedang merayakan hari lahir (mmm, sebenernya hari atau tanggal lahir yaa? kalo menurut aku sih tanggal, karena memang yang diulang setiap tahunnya itu kan tanggal bukan hari. yaa gak?! oke balik ke topik permasalahan --->>>), pastinya kita juga punya satu, dua, atau mungkin segudang harapan di umur yang baru. ya kaaan??!
  2012. Masalah pelik yang dari dulu masih dan sedang berlangsung hingga saat ini yaitu Global Warming a.k.a Pemanasan Global. Berbagai usaha telah banyak dilakukan untuk setidaknya mengurangi dampak dari permasalahan ini. Berbagai gerakan dan organisasi dibuat sebagai bentuk kepedulian terhadap keadaan bumi yang terus 'menghitam'. Tak ketinggalan berbagai tagline diserukan sebagai bentuk ajakan untuk terus menjaga dan merawat tempat kita tinggal sekarang. Apapun bentuknya, itu semua mengarah pada satu tujuan, yaitu untuk mempertahankan keindahan dan kelestarian planet ini. 

source: google.com
  Langkah kecil yang dimulai dari diri sendiri menjadi kunci keberhasilan dari usaha - usaha untuk menghijaukan kembali apa yang sekarang menjadi hitam. Bicara saja tak cukup! Buktikan langkah kecil dalam hidupmu untuk bumi! Sederhana. Banyak yang dapat kita dilakukan (see: Green Action).
Walaupun hari bumi diperingati satu tahun sekali, langkah - langkah kecil yang kita lakukan untuk menjaga dan merawat bumi jangan setahun sakali juga yaaa. Alangkah lebih baiknya jika setiap hari kita lakukan sebagai kebiasaan baru dalam hidup. :))


No comments :

Post a Comment