COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner Untuk Kulit Sensitif dan Berjerawat [REVIEW]

Toner COSRX cocok untuk kulit sensitif dan berjerawat? Kalau kulit kering cocok juga enggak ya pakai COSRX?
Assalamualaikum bifellas...

Memiliki kulit sensitif membuat aku sedikit sulit memilih produk perawatan wajah yang cocok, terlebih lagi ditambah masalah jerawat. Salah dikit bisa muncul berbagai efek seperti kulit jadi memerah, gatel, bahkan jerawat bisa tumbuh subur. Sebelum memutuskan pakai suatu produk, biasanya aku nge-test dulu selama beberapa hari pakai di daerah wajah tertentu. Kalau enggak ada masalah, baru lanjut pakai ke seluruh muka, termasuk produk toner.

Toner COSRX untuk kulit sensitif

Toner jadi skincare wajib yang tiap hari aku pakai, terlebih di pagi hari. Kalau malam masih suka bolong bolong, hehe. Produk yg aku pakai kali ini yaitu COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner. Anyway, cara baca COSRX itu yang bener cos-er-ex atau cosrex sih? karena aku pernah denger dua cara baca yang berbeda. Kalau kalian tahu, bisa komen di kolom komentar bawah yaa. Aku sudah pakai sekitar lebih dari 3 bulan dan saat ini sudah penggunaan botol kedua. COSRX merupakan brand kecantikan asal korea. Awalnya aku tahu produk ini dari Althea, web yang menjual produk-produk kecantikan original asal Korea.

COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner bermanfaat untuk menyegarkan, melembabkan dan menghaluskan kulit wajah. Kandungan AHA/BHA di dalamnya membantu mencegah munculnya komedo. Toner ini juga memiliki fungsi sebagai exfoliator yang mampu mengangkat sel-sel kulit mati di wajah. 

KEMASAN / PACKAGING

Botol plastik toner COSRX berukuran 150 ml

Box luar toner COSRX

Kiri: beli di sociolla. Kanan : beli di Althea

Dari segi packaging, box luar berwarna putih dengan highlight ungu bertuliskan merk COSRX di bagian depan. Pada sisi samping kiri kanan tertera komposisi produk, cara pakai, dan keterangan lainnya, tapi dalam bahasa korea kalau belinya di Althea. Terus terang aku enggak ngerti, hiks :(. Tapi jika beli di Sociolla ada tempelan keterangan dalam Bahasa Indonesia. Untuk packaging inti berupa tube atau botol bening berbahan plastik dengan ukuran 150 ml atau 5.07 FL.OZ. Mulut botol berjenis pump atau spray, jadi kita dapat dengan mudah mengontrol seberapa banyak kita mau pakai. Secara ukuran, botolnya lumayan besar, panjangnya sekitar satu jengkal, yang menurut aku kurang efektif buat dibawa traveling. Tapi untungnya karena terbuat dari plastik enggak bikin tambah berat. Tips dari aku kalau mau bawa produk ini untuk traveling lebih baik dipindahkan terlebih dahulu isinya ke botol kosong yang ukurannya lebih kecil, jadi praktis.

TEKSTUR PRODUK

Toner dengan Water based formula

Seperti toner pada umumnya  COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner berbahan dasar air alias water based formula. Teksturnya air banget sehingga ketika dipakai enggak berasa apa-apa. Wanginya pun enggak kecium, hampir enggak ada.

KOMPOSISI PRODUK
COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner terbuat dari:
Water, Salix Alba (Willow) Bark Water, Pyrus Malus (Apple) Fruit Water, Butylene Glycol, 1,2- Hexanediol, Sodium Lactate, Glycolic Acid, Betaine Salicylate, Allantoin, Panthenol, Ethyl Hexanediol.

Botol spray toner COSRX

CARA PAKAI
Toner digunakan setelah kita membersihkan muka, biasanya dipakai sehari dua kali, pada pagi setelah mandi dan malam sebelum tidur. Namun karena toner ini juga sebagai exfoliator, aku pakainya hanya sehari sekali, pada pagi hari saja. Cara pakainya mudah kok. Semprotkan toner ke kapas beberapa pump, secukupnya aja yaa. Lalu usapkan dengan lembut atau tepuk tepukkan ke wajah. Oiya, hindari area mata dan mulut yaa. Setelah pakai toner, lanjut step berikutnya, yaitu menggunakan essence. Terakhir yang enggak kalah penting, pakai sunscreen ya bifellas.

HARGA DAN TEMPAT BELI
COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner bisa dibeli secara online. Pertama kali aku beli produk ini di Althea Korea, harganya sekitar Rp. 176.000. Untuk yang kedua kalinya aku beli melalui Sociolla, yang juga trusted seller di Indonesia, harganya terpaut Rp. 24.000 lebih mahal, yakni menjadi Rp. 200.000. Masing-masing punya keunggulan dan kelemahan. Kalau beli di Althea, harganya lebih murah tapi pengiriman lama, bisa sekitar satu mingguan lebih. Sebaliknya kalau beli di Sociolla, harganya sedikit lebih mahal tapi pengiriman lebih cepat. 

Bare face setelah pakai COSRX Toner

KESAN / IMPRESSION
Saat pertama memakai produk ini ada rasa takut jika nantinya enggak cocok, karena sebelumnya pernah nyoba skincare korea lain tapi malah muncul jerawat dimana-mana. Untungnya setelah nyoba beberapa kali enggak ada masalah di kulit ku yang sensitif, kering, dan berjerawat. Aku pakai toner COSRX rutin setiap pagi setelah mandi, atau ketika wajah sudah dibersihkan dengan facial wash. Lalu diteruskan pakai essence yang juga dari COSRX, terakhir pakai sunscreen. Wajah terasa lebih segar dan bersih karena kotorannya pun terangkat. Untuk malam hari aku pakai toner enggak serutin pagi, biasanya saat sedang ada jerawat saja aku tempelin kapas yang sudah dikasih toner di area tersebut.

Overall, dari segi harga dan kualitas COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner bisa menjadi salah satu pilihan yang patut dipertimbangkan bagi pemilik kulit sensitif, kering, dan berjerawat. Repurchase? Yes for me :). 

Sekian dulu review aku tentang COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner. Sampai berjumpa di review selanjutnya yaa. 

Wassalamualaikum bifellas.

Love,


No comments :

Post a Comment