Rooms Inc Hotel Semarang : Instagramable, Kekinian, dan Strategis [Review]

Hotel kekinian dan instagramable di Semarang ada enggak sih? tapi yang harganya murah dan aman di kantong yaaa......
Assalamualaikum bifellas,

Di awal tahun aku dan suami berkesempatan menikmati waktu libur ke Semarang. Mengapa kami memilih Semarang sebenarnya ada beberapa pertimbangan. Pertama, kami berdua memang sebelumnya belum pernah explore Semarang lebih jauh, biasanya hanya numpang lewat aja kalau ke daerah Jawa Tengah. Kedua, karena letaknya tidak begitu jauh dan waktu perjalanan hanya sekitar 5 sampai 6 jam saja dari Jakarta. Kami berangkat menggunakan kereta api dari Stasiun Gambir pada pagi hari, sehingga tiba di Semarang siang hari jadi bisa langsung check in hotel. Untuk hari pertama kami memilih hotel di pusat Kota Semarang. Hotel pilihan kami jatuh kepada Rooms Inc Hotel Semarang. Bacanya "rums ing", unik yaa namanya :D.

ROOMS INC HOTEL SEMARANG

Hotel ini punya beberapa keunggulan dalam hal lokasi. Pertama: Letaknya tidak begitu jauh dari Stasiun kereta api. Kalau naik taksi enggak sampai 20 ribu kok. Kedua: Bangunan hotel ini berada dalam kawasan pusat perbelanjaan yaitu DP Mall. Waktu kemarin kesana mall nya belum rampung 100%, tapi udah dibuka untuk umum, ada beberapa toko juga yang sudah buka. Ketiga: Berada di Pusat Kota Semarang. Tinggal jalan sedikit langsung ke Tugu Muda. Tugu ini dibuat untuk mengenang peristiwa pertempuran lima hari di Semarang. Selain itu, karena lokasinya strategis kita jadi gampang kalau mau nyari makan dan mudah kalau mau main kemana-mana. Keempat: Persis di sebelah Lawang Sewu. Siapa di sini yang enggak tau Lawang Sewu? Wisata sejarah ini kerap dikaitkan dengan hal-hal yang berbau 'mistis', mungkin karena bangunannya yang sudah berumur kurang lebih seratus tahun. FYI nih bifellas, Lawang Sewu sebenarnya adalah kantor pusat perusahaan kereta api swasta pertama di Indonesia, yang juga digunakan sebagai tempat perjuangan untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia ketika terjadi pertempuran lima hari di Semarang.

Lobi Transit Rooms Inc Hotel 
Area Parkir

Pertama datang ada security yang menyambut di pintu utama Hotel. Di lantai dasar hanya ada ruang yang bisa dibilang seperti 'lobi transit'. Hotel ini unik bifellas, desain interiornya juga kece. Kesannya modern, futuristik, dan berasa anak muda banget. Rooms Inc memiliki lobi utama yang letaknya di lantai atas. Dari lantai dasar kita bisa menggunakan lift. Sedangkan bagi tamu hotel yang datang dengan kendaraan pribadi, hotel menyediakan tempat parkir khusus di satu lantai sehingga enggak akan berebut parkir dengan pengunjung mall. Di pintu masuk lantai parkir ini juga ada ruang transitnya, yang juga cozy. Dari lantai parkir, kita bisa menggunakan tangga atau lift untuk menuju lobi.

Lobi Utama Rooms Inc Hotel

Computer Area

Grab and Go Area

Desainnya kece

Sampai di lobi utama, suasana nya enggak berasa kayak di hotel lho, lebih kerasa seperti di cafe dengan dominasi warna cokelat dan kuning. Resepsionis terletak persis di depan lift, di counter check in ada dua pegawai yang bertugas. Alhamdulillah proses check in berjalan lancar dan cepat. Enggak diminta uang deposit juga kok. Setelah dapat kunci, kami langsung menuju ke kamar. Pintu akses utama menuju ke kamar terletak di depan restaurant, namanya Verve. Yang unik di area ini kami melewati games area dan wall of fame yang berisi testimoni arti-artis yang pernah menginap di Rooms Inc Hotel. Karena restaurant di Rooms Inc terbuka untuk umum, maka pintu akses ke kamar dilengkapi dengan sensor kartu. Jadi kalau mau masuk kita harus menempelkan kartu kamar pada pintu tersebut, kemudian baru pintu bisa dibuka untuk naik lift. Lift menuju ke kamar ini tentu berbeda dengan lift pertama tadi ya.


Guest Area Kamar Hotel

Koridor Kamar Rooms Inc Hotel

Aku mendapat kamar yang lokasinya di lantai dua. Lorong hotel beralaskan karpet jadi enggak berisik kalau jalan, dan desainnya lebih ke industrial style, cakep kalau difoto. Rooms Inc Hotel memiliki tiga jenis kamar, yaitu standard, superior, dan deluxe. Sayangnya pada saat aku menginap kamar superior dan deluxe sudah habis, jadi kamar yang aku tempati adalah kamar standard. Kamar dengan luas sekitar 17 meter persegi ini memiliki fasilitas selayaknya hotel bintang 3, seperti kasur queen bed yang empuk, televisi LCD 42 inch dengan koneksi ke saluran televisi internasional, ac yang dingin, air shower mandi panas/dingin, bathroom ameniities yang cukup lengkap, dan tersedia hair dryer. Desain kamarnya minimalis dengan dominasi unsur kayu pada lantai, furniture, dan dinding salah satu sisi. Walaupun space ruang kosong di kamar ini sangat terbatas, terlebih jarak antara kasur dengan dinding televisi yang bisa dibilang hampir tidak ada, alias mepet banget, tapi alhamdulillah masih ada tempat buat solat. Untuk menaruh tas atau barang-barang lain tersedia meja yang letaknya di sebelah tempat tidur, namun sayangnya tidak ada lemari untuk menaruh pakaian. Yang ada hanya gantungan baju yang langsung terpasang di tembok. 

Kamar Standard Rooms Inc Hotel
 View dari Kamar

Kamar standard memiliki jendela yang ukurannya tidak begitu besar namun cukup menarik karena viewnya langsung ke Lawang Sewu. Ukuran kamar mandinya menurutku sebanding dengan luas kamar yang memang tidak begitu besar. Ruang mandi menggunakan shower dengan dinding keramik putih yang bersih. Di sini pun tetep kerasa instagramable loh, cakep buat background, hehee. Untuk koneksi internetnya lancar jaya, emang kayaknya Rooms Inc mengerti banget kebutuhan para milenial yang enggak bisa jauh dari internet. Pelayanannya juga oke, waktu itu aku minta air panas dikasih free (karena di kamar tidak tersedia teko elektrik, hanya disediakan dua buah air mineral).

Breakfast area 
Verve Restaurant 
Fitness and Gym Area

Pagi harinya sarapan tersedia di Verve Restaurant. Untuk sekelas hotel bintang 3 lumayan banyak pilihannya, dari mulai makanan ringan sampai yang berat tersedia di sini. Aku nyobain nasi uduk dan beberapa lauk, termasuk request omellete, semua rasanya enak. Bagi kamu yang butuh toilet, enggak perlu khawatir di depan resto ada toiletnya kok, jadi enggak perlu ke kamar. Untuk kamu yang mau olahraga, Rooms Inc menyediakan ruang fitness / gym yang lokasinya dekat restoran. Kalau mau santai-santai nikmatin pemandangan Kota Semarang, Rooms Inc juga punya outdoor area yang view nya langsung ke Lawang Sewu, iconnya Kota Lumpia nih. Keren!

Outdoor area Roms Inc Hotel
Games Area 
Area bersantai 
Untuk menginap di Rooms Inc Hotel Semarang tarifnya mulai dari Rp. 400 ribuan per malam. Bookingnya bisa via aplikasi seperti Traveloka, PegiPegi, Tiketcom, dll. Menurutku untuk harga segitu lumayan worth dengan pelayanan dan fasilitas yang diberikan. Kaum milenial pasti suka banget nginep di sini, tapi untuk yang lebih dewasa (enggak mau nyebut tua, wkwk) mungkin perlu sedikit penyesuaian, karena memang ambience di sini berbeda dengan hotel lain. Rooms Inc terasa lebih cozy, young, instagramable, dan fun. Kalau kalian ke Semarang, nyobain deh nginep di sini untuk dapet pengalaman yang berbeda. Saran aku mending langsung pesan yang tipe deluxe sekalian, kalau lihat di fotonya, kamar jauhhh lebih besar dan fasilitasnya lebih oke.

Sekian dulu review Rooms Inc Hotel Semarang. Aku juga udah bikin review dan room tour nya di youtube channelku. Subscribe dan ditunggu komen-komennya yaaa....

See you bifellas. Wassalamualaikum....


Love,


No comments :

Post a Comment