Cara 'Stay True' Melindungi dan Merawat Kulit dari Polusi Udara

Polusi udara Jakarta kini masuk dalam kategori tidak sehat, pun di beberapa Kota Besar lainnya di Indonesia. Kondisi tersebut bisa menimbulkan berbagai gangguan kesehatan tubuh dan juga kulit. Polusi udara dapat membuat kulit kering, kusam, bahkan tidak sehat. Gimana sih cara menjaga kulit supaya tetap sehat dan terhindar dari kulit kering serta kusam?
Melindungi dan Merawat kulit dari polusi udara

Assalamualaikum bifellas,

Beberapa waktu lalu masyarakat Indonesia dihebohkan oleh pemberitaan yang menyatakan bahwa Jakarta menempati posisi pertama sebagai Kota paling polutif di dunia berdasarkan data Air Visual. Ngeri enggak sih?! Meski sekarang alhamdulillah sudah berangsur menurun *jadi posisi kedua* namun tetap artinya tingkat polusi udara di Jakarta itu udah parah banget. Walaupun aku enggak tinggal di Jakarta, tapi lumayan sering juga mondar-mandir ke Ibukota untuk urusan bisnis maupun aktivitas lain. Kebayang dong berapa juta jiwa terancam kena gangguan kesehatan akibat udara yang tidak sehat? Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) aja nih ya, penduduk Jakarta mencapai lebih dari 10 juta jiwa, belum lagi ditambah orang-orang yang hampir setiap hari ke Jakarta untuk bekerja, mungkin kamu salah satunya.

Ranking Polusi Udara Jakarta berdasarkan Air Visual
Jakarta sebagai kota paling polutif ke-2 di Dunia berdasarkan Data Air Visual

Dampak dari polusi udara ada yang bisa dirasakan langsung dalam waktu dekat alias jangka pendek, ada juga yang baru akan dirasakan beberapa tahun mendatang (jangka panjang). Gangguan saluran pernafasan seperti ISPA, asma, paru-paru basah, hingga stroke dan kanker menjadi ancaman nyata. Oleh karenanya sangat dianjurkan mengenakan masker wajah atau masker anti polusi ketika berada di luar ruangan. Selain itu polusi juga dapat mempengaruhi kondisi kulit sehingga menjadi mudah kering, kusam, bahkan menimbulkan iritasi. Untuk melindunginya, tentu diperlukan produk perawatan yang efektif dan Stay True. Sadar bahwa aku butuh banget produk kayak gini, alhamdulillah tersedia nih di ERHA.

Produk ERHA untuk melindungi dan merawat kulit dari polusi
Menggunakan produk ERHA untuk melindungi dan merawat kulit dari polusi

Mungkin diantara kalian sudah pernah mendengar atau bahkan mengetahui apa itu ERHA? ERHA merupakan sebuah klinik yang memberikan layanan kesehatan dan perawatan kulit, tidak hanya kulit wajah tetapi juga kulit tubuh. Didirikan sejak tahun 1999 di Jakarta oleh dr. Ronny Handoko, SpKK(K), saat ini ERHA telah memiliki lebih dari 95 cabang yang tersebar di sekitar 39 Kota seluruh Indonesia. Selama 20 tahun ERHA terus mengedepankan konsep personalized therapy yang didukung tim dermatologist dan dokter terbaik, produk yang inovatif, serta peralatan medis dengan teknologi terkini. Sekarang ERHA memiliki empat sub-brand yang terdiri dari:

ERHA DERMA CENTER
Terdapat delapan klinik pusat ERHA yang terletak di Kota-Kota Utama Indonesia, seperti Jakarta, Tangerang, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Medan. ERHA Derma Center memberikan layanan kesehatan kulit yang komprehensif untuk berbagai jenis gangguan kulit, baik melalui pemberian produk, konsultasi, maupun kombinasi treatment medis.

ERHA Clinic Kemang Jakarta
ERHA Clinic Kemang - Jakarta
ERHA CLINIC
Hampir sama dengan ERHA Derma Center, ERHA Clinic hadir dengan teknologi terkini dan medical grade standard. Didukung dengan dokter spesialis kulit yang menangani aesthetic sekaligus clinical dermatology. Saat ini ERHA Clinic siap melayani kamu di 15 Kota Besar di Indonesia, yaitu Denpasar, Bintaro, Jakarta, Bandung, Depok, Bogor, Semarang, Surabaya, Malang, Pontianak, Batam, Pekanbaru, Makassar, Manado, dan Palembang.

ERHA SKIN
Tak jauh berbeda dengan dua kategori di atas, ERHA Skin hadir untuk masyarakat di daerah sub-urban yang memberikan pelayanan perawatan kulit dasar sebagai neighborhood clinic.

ERHA APOTHECARY
Kalau yang ini sejenis store gitu, jadi ERHA menjual berbagai produk perawatan kulit hasil formulasi terbaik yang telah teruji klinis efektif dan aman digunakan. Produk di ERHA Apothecary ini bisa dibeli tanpa resep dokter lho bifellas. Kita bisa menjumpai ERHA Apothecary di 36 mall yang tersebar di Indonesia. Banyak banget produk perawatan kulit yang dijual di sini, dari ujung rambut sampai ujung kaki semua ada, termasuk berbagai krim pencerah kulit. Istilahnya dinamakan produk Over The Counter (OTC), yang memadukan keahlian dermatolog berpengalaman dan pemahaman akan perbedaan kebutuhan masing-masing individu.

ERHA Apothecary yang berada di Mall
ERHA Apothecary
Nah, salah satu rangkaian produk perawatan kulit tubuh yang dijual di sini yaitu ERHA TruWhite Activator Series - Stay True. Ini ngebantu banget buat merawat kulit aku yang tiap hari terancam paparan polusi. Rangkaian produknya terdiri dari body scrub dan body moisturizer, yang masing-masing dinamakan ERHA21 TruWhite Activator Body Scrub dan ERHA21 TruWhite Activator Body Moisturizer. Jujur aku enggak tau sih kenapa ada angka 21nya? hehe. Mungkin diantara kalian ada yang mengetahui arti dari angka 21 tersebut? yuk sharing infonya di kolom komentar bawah :))

ERHA TruWhite Activator Body Scrub dan Body Moisturizer
ERHA TruWhite Activator Body Series Stay True
ERHA TruWhite Activator Body Scrub dan ERHA TruWhite Activator Body Moisturizer memiliki packaging yang hampir mirip. Bentuk tube-nya sama, warna sama, tinggi kemasan sama, sampai warna aksen-aksen kecilnya pun sama. Yang membedakan hanya berat gramasi beserta tulisan informasi detail produk. Untuk body scrub berukuran 220 gram, sedangkan body moisturizer 250 gram. Dengan botol tube berwarna putih susu disertai hiasan silver dan tulisan berwarna hitam, produk ini terlihat simple, namun modern.

Kemasan Tube Putih ERHA TruWhite Activator Series
Kemasan Tube ERHA TruWhite Activator Body Series

Kemasan ERHA TruWhite Activator Body Scrub
Kemasan ERHA TruWhite Activator Body Scrub
ERHA TruWhite Activator Body Scrub mengandung bahan Active Whitening System yang berfungsi mencerahkan warna kulit. Tekstur butiran scrub-nya kecil, bulat, dan berwarna putih susu yang lembut untuk mengangkat sel kulit mati sehingga menjadikan kulit halus dan sehat. Kita akan mencium keharuman khas dari body scrub pencerah kulit ini saat digunakan. Menurutku sih masih nyaman, enggak mengganggu wanginya. Body scrub juga akan terasa dingin begitu nempel di kulit. Hal ini karena ada kandungan menthol yang bikin segerrr! Niacinamide juga enggak ketinggalan hadir di produk ini, manfaatnya meningkatkan sintesis kolagen, mengurangi hiperpigmentasi, dan meningkatkan fungsi barrier kulit. Yang terpenting supaya kulit aku enggak tambah kering, aku butuh kandungan yang bisa melembabkan. Untungnya di ERHA TruWhite Activator Body Scrub juga ada Shea Butter dan d-panthenol yang dapat melembabkan kulit dan mengurangi iritasi. Komplit banget kaan?!
Tekstur produk ERHA TruWhite Activator Body Scrub
Tekstur ERHA TruWhite Activator Body Scrub

ERHA Body Scrub setelah digosokan ke kulit
Gosokan Body Scrub secara merata dengan gerakan melingkar
Cara pakainya mudah kok, tuang secukupnya lalu gosokkan secara merata dengan gerakan melingkar. Body scrub ini bisa dipakai untuk seluruh tubuh. Setelah dirasa cukup, bilas dengan air hingga bersih. Selama kurang lebih satu minggu ini aku pakai body scrub dari ERHA, yang paling kerasa setelahnya kulit jadi terasa lembuuuttt banget. Enggak percaya? coba buktiin sendiri deh :)). Untuk hasil yang lebih optimal tentu sebaiknya gunakan secara teratur 1 sampai 2 kali seminggu dibarengi dengan penggunaan body moisturizer setelahnya.

Kemasan ERHA TruWhite Activator Body Moisturizer
Kemasan ERHA TruWhite Activator Body Moisturizer
ERHA TruWhite Activator Body Moisturizer diklaim bisa digunakan untuk semua jenis kulit. Tidak hanya mampu melembabkan kulit yang kering dengan kandungan Sodium Hyaluronate di dalamnya, produk ini dipercaya dapat mengatasi kulit kusam. Penumpukan sel kulit mati teratasi dengan baik karena kandungan AHA (Alpha Hydroxy Acid) pada produk Brightening Moisturizer ini. Mulberry extract di dalamnya pun dapat menghambat pembentukan melanin sehingga membantu mencerahkan kulit. Berbeda dengan body scrub yang hanya digunakan 1 sampai 2 kali saja seminggu, body moisturizer baiknya digunakan setiap hari secara rutin sehingga hasilnya lebih optimal. Biasanya aku pakai setelah mandi pagi dan sebelum tidur malam. Khusus pada pemakaian di pagi hari, wajib pakai sunscreen setelahnya yaa, karena kandungan AHA dapat meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar matahari dan memungkinkan kulit menjadi 'terbakar'.
Tekstur lembut ERHA TruWhite Activator Body Moisturizer
Tekstur ERHA TruWhite Activator Body Moisturizer putih lembut

Kulit setelah pakai ERHA TruWhite Activator Body Moisturizer
Kulit menjadi lebih lembab dan terlihat lebih sehat

Teksturnya yang ringan, lembut, dan tidak lengket membuat aku nyaman. Body moisturizer ini akan menyerap perlahan ke dalam kulit, jadi butuh waktu beberapa menit untuk menunggunya. Yang paling aku rasakan sekitar satu minggu menggunakan ERHA Body Moisturizer alhamdulillah kulit jadi lebih lembab dan terlihat lebih sehat.

Walaupun secara data nilai Air Quality Index (AQI) di Tangerang tempat aku tinggal lebih rendah dari Kota Jakarta, namun keduanya sama-sama masuk dalam kategori tidak sehat. Oiya buat kalian yang belum tau, nilai AQI ini merepresentasikan seberapa besar polusi udara atau seberapa tercemarnya udara yang ada di suatu daerah. Semakin tinggi nilai AQI maka semakin pollutif daerah tersebut. So, bisa dibilang Produk ERHA TruWhite Activator Body Series ini 'pahlawan' banget buat kulit aku supaya terhindar dari efek buruk paparan polusi. Dengan demikian mengatasi kulit kering dan kusam dengan ERHA TruWhite Activator Body Scrub dan ERHA TruWhite Activator Body Moisturizer itu pilihan yang udah paling bener. Kulit sehat kini bukan lagi impian. Kusam menghilang, Cerah datang :)).

Dua produk terbaik untuk melindungi dan merawat kulit dari polusi
Dua produk terbaik untuk melindungi dan merawat kulit dari polusi
Dua produk ini bisa dibeli secara offline di ERHA Apothecary dan juga online melalui ERHA Store. Harganya masing-masing Rp. 199.000. Kalau beli langsung 1 paket (ERHA TruWhite Activator Body Scrub dan TruWhite Activator Body Moisturizer) bisa lebih murah lho, ada diskonnya! lumayan jadi lebih hemat, hehe. Menurut aku ini valuable banget dengan kemasan yang besar plus banyak manfaat yang bisa kita dapatkan. Untuk produk lainnya seperti wajah, kita juga bisa menampilkan kulit cerah sehat dengan ERHA TruWhite Activator C Serum. Untuk info produk dan layanan dari ERHA, kalian bisa langsung kepoin instagram @erha.dermatology dan juga mampir ke websitenya ERHA.

Sampai di sini dulu sharing aku kali ini yaa bifellas. Kalian juga bisa nonton langsung review ERHA TruWhite Activator Series di Youtube channelku : Dian Nopiyani. Semoga bermanfaat. See you next ~


Love,



4 comments :