Pyramid Circulus Galton - Part 1

Di semester 5 yang lalu, aku mengontrak mata kuliah media pembelajaran. Di mata kuliah ini, mahasiswa diwajibkan untuk membuat sebuah alat peraga yang dapat digunakan untuk membantu mempermudah pemahaman konsep matematika. Pembuatan alat peraga dilakukan secara berkelompok. Satu kelompok terdiri dari 2 orang. Nah, aku bersama Jesi memutuskan untuk berkolaborasi dalam menyelesaikan tugas ini. Tugas yang sangat menentukan nilai akhir untu matakuliah media pembelajaran.
Setelah melalui berbagai pertimbangan, akhirnya kami memilih alat peraga dengan judul asli Distribusi Galton. Sesuai dengan judulnya, prinsip yang digunakan yaitu menggunakan prinsip distribusi Galton yang digunakan untuk melihat kurva distribusi normal.
Penasaran kaaaan gimana alat peraga buatan aku dan Jesi.
Daaaraaaamdaaaaaaaaaammmm... ini diaaaaa ------>>>>>




Hhhmm, by the way, alat peraga ini kami beri nama Pyramid Circulus Galton. Mengapa haayooo???
Coba perhatikan deh bentuk alat peraga itu! yaaaap, bentuknya seperti sebuah pyramid kaaan??!
Selanjutnya let's we see this picture!
Ada semacam sesatan - sesatan berwarna cokelat yang kalau diperhatikan juga membentuk sebuah pyramid. Bentuk sesatan itu adalah sebuah silinder lingkaran yang dalam bahasa latin adalah circulus. Galton sendiri merupakan nama dari seorang ahli matematika yang menemukan prinsip distribusi Galton.
Sekarang udah tau kaaaan kenapa namanya itu Pyramid Circulus Galton??!! :'))
Alat Peraga ini digunakan selain dapat digunakan untuk menunjukkan secara real kurva distribusi normal, juga dapat digunakan untuk membantu memahami konsep kombinasi, peluang, dan aplikasi segitiga pascal.
Naaaah, bagi yang masih penasaran dan ingin tahu lebih lanjut tentang alat peraga ini, silahkan bisa mengirimkan email ke diannopiyani@gmail.com .

No comments :

Post a Comment