Pengalaman & Tips Hunting Souvenir Pernikahan


Assalamualaikum wr.wb.

Hai hai haiii... Welcome November! The month that I love the most :*

Ga kerasa bulan demi bulan terlewati sejak hari lamaran aku dan Ari. Persiapan demi persiapan pun alhamdulillah 70% sudah terlaksana. Berbagai perintilan juga alhamdulillah sudah selesai, termasuk untuk hal souvenir. Pemilihan jenis souvenir pun menjadi perbincangan alot di keluarga. Mama mau ini, aku mau ini, dia mau itu, oo la laaa bikin pusyiiiingg. Setelah diskusi beberapa kali, akhirnya kami sepakat untuk memilih souvenir A *Apa itu?? Lihat nanti yaaaa ketika hari H tiba, biar surprise :D

Dari hasil searching dan tanya sana sini, Kami pergi ke Pasar Jatinegara yang 'katanya' sebagai pusat souvenir di Jakarta. Kami berangkat naik Commuter Line alias KRL dari Stasiun Tangerang ke Stasiun Jatinegara. KRL dari Tangerang hanya sampai Stasiun Duri, sehingga kami harus nyambung lagi naik yang ke arah Jatinegara dengan waktu tempuh sekitar hampir dua jam. 

Lokasi Pasar Jatinegara dari stasiun sekitar 550 meter dan dapat dicapai dengan berjalan kaki. Sesampainya di Gedung utama Pasar Jatinegara, kami langsung menuju ke lantai basement. Ternyata di lantai ini tempat berkumpulnya pedagang-pedagang souvenir. Selain jual souvenir, ada juga yang jual undangan, kebutuhan party, tas, dll. Hati-hati kalap yaaaaa... hihii.

Aku dan Ari mendatangi beberapa toko sebelum kami memutuskan mau pilih toko yang mana. Harga, kualitas, dan paket kemasan yang didapat menjadi pertimbangan utama. Supaya tidak lupa nama dan letak tokonya, kami pun meminta kartu nama pada setiap toko tersebut. Jadi kayak koleksi deh, tapi ini bermanfaat banget, serius! Setelah cukup lama menjelajah lantai basement, akhirnya kami sepakat memilih Toko Alfriandra Souvenir. Dari segi harga dan paket kemasan yang didapat lebih murah dari toko lain. Kualitas barang pun oke. Pegawai yang melayani juga ramah dan banyak memberikan informasi serta saran untuk kami. 

Toko Alfriandra Souvenir ini juga bernama Yana Souvenir. Pusat galeri dan gudangnya terletak di daerah Cipinang, tepatnya di belakang Lapas Cipinang, di tengah pemukiman penduduk. Untuk galerinya berdekatan dengan sekolah dasar, sedangkan gudangnya beda gang lagi. Jadi kalau mau ambil souvenir disini, kamu harus ke galerinya terlebih dahulu untuk pelunasan baru ke gudangnya. Di sana akan ada orang yang membatu mengangkut dus-dus souvenirmu. Oh iya, di gudangnya juga terdapat tulisan yang berisi himbauan untuk ngasih tips ke mereka, itung-itung sebagai upah angkutnya. Tapi ini kembali lagi ke kamu, mau ngasih atau ngga, dan seberapa besar ngasihnya, it's up to you. Akses jalannya menurutku kurang lebar karena jika berpapasan dua mobil, harus saling minggir seminggir-minggirnya. So, be careful ya guys

Berikut tips cari souvenir di Pasar Jatinegara berdasarkan pengalamanku waktu itu.:
  1. Jangan terburu-buru menentukan toko mana yang akan dipilih. Sebaiknya kamu datangi beberapa toko untuk membandingkan harga, jenis, dan kualitas barang,
  2. Minta kartu nama pada setiap toko yang kamu datangi. Ini akan membantu kamu mencari letak toko jika kembali lagi ke tempat ini.
  3. Bawa pulpen dan notebook kecil. Ini berguna banget untuk catet-catet harga atau apapun itu. Jadi kamu ga perlu repot-repot ngeluarin HP agar lebih aman.
  4. Alangkah lebih baik kamu telah menentukan souvenir apa yang akan kamu pilih, jika belum, hati-hati tambah kebingungan di sini. 
  5. Tanyakan secara detail harga dan paket kemasan yang didapat. Misalkan apakah menggunakan kain tile, mika, box, atau malah tidak mendapat apapun. 
  6. Luangkan waktu dua sampai tiga bulan sebelum hari pernikahan untuk datang kesini, karena mayoritas pembuatan souvenir membutuhkan waktu sekita satu bulanan.
  7. Pertimbangkan perbedaan harga walau hanya berbeda ratusan rupiah. Jika kamu memesan 500 pieces, lumayan kan hemat sekitar beberapa ratus ribu yang bisa dipakai untuk keperluan lain.

    Sampai bertemu di cerita selanjutnya...


    Love,


     

6 comments :

  1. Semangat buat persiapannya! Lancar-lancar yaa
    Ditunggu undangannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ka taaz, aamiin... makasih banyak. mohon doanya :*
      siiaapp ditunggu yaa :))

      Delete
  2. Replies
    1. Halo adee..aamiin.. makasih yaa doanya...
      :* :*

      Delete
  3. Waah jadi kangen masa-masa cari suvenir! Lancar2 ya persiapannya :)

    http://faradiladputri.tumblr.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai ka Faradila.. terimakasih yaa.. alhamdulillah semua berjalan lancar :))

      Delete