Explore Kota Wisata Batu Malang Part 2 (Jatim Park Group)



Assalamualaikum wr.wb.

Haloo semuaaa.... Alhamdulillah akhirnya Explore Batu Part 2 bisa dipublish hari ini, yeay ^^ . Jika kamu lupa atau penasaran lagi dengan cerita yang sebelumnya, kamu bisa baca di EXPLORE BATU MALANG PART 1 yaaa.. 

Pada trip yang pertama, aku mengunjungi beberapa tempat wisata dengan modal nekat. Kenapa nekat? Karena aku dan partner jalanku belum pernah ke kota wisata ini sebelumnya dan kami hanya mengandalkan internet, tapi alhamdulillah bisa sampai dengan selamat, hihii... Di trip kedua alhamdulillah masih sedikit hafal jalan dan tempat-tempat wisatanya. :D.

Tujuan wisata pertama kami setelah sampai di penginapan yaitu ke JATIM PARK 2. Dari hasil searching sana sini, ternyata Jatim Park 2 ini lebih terkenal, lebih ramai, dan lebih favorit daripada Jatim Park 1. I don’t know why people say like that. I also haven’t visited Jatim Park 1 to compare with. Maybe next time, I wish I could. 

Dari Penginapan trip pertama, kami menggunakan angkutan umum 2 kali. Pertama turun di perempatan yang ada petunjuk Jatim Park seperti gambar di bawah. Kalau ga salah ini dekat dengan terminal batu. Lalu kami nyambung angkot yang menuju ke Jatim Park, ternyata lokasinya tidak terlalu jauh dari tempat kami naik tadi. Kalau kamu pergi rame-rame, jalan kaki pun tidak akan kerasa capek. Sedangkan pada trip kedua, kami menggunakan taksi wisata Citra dengan biaya tarif minimum, karena lokasinya memang dekat.


Yeay akhirnya tiba di Jatim Park 2. Tempat ini bisa dibilang sebagai kawasan wisata terpadu, karena dalam satu kawasan terdapat beberapa spot yang bisa kamu nikmati. Di loket, tersedia banyak paket wisata Jatim Park, ada yang paket perharian, ada juga yang paket beberapa tempat. Kami memutuskan untuk memilih paket 3 tempat, yaitu Batu Secret Zoo, Museum Satwa, Eco Green Park. Dari pengalaman yang pertama, mengunjungi 3 tempat ini dalam satu hari sungguh membuat kaki mau copot. Tapi apa daya waktu kami tidak banyak di kota ini. Jadi mau ga mau ya harus mau, hahaha :”)

 




Pertama kami masuk ke Eco Green Park terlebih dahulu. Dari loket Jatim Park 2 terdapat shuttle gratis menuju kesana. Sesuai dengan namanya, Eco Green Park merupakan kawasan bertema alam. Kamu bisa melihat barang-barang yang didaur ulang menjadi bentuk yang lucu-lucu. Ada juga kawasan satwa, permainan anak, kolam main, science area, dan miniatur candi di Indonesia. Bagi yang ga kuat jalan, kamu bisa menyewa kendaraan macam sepeda scooter di dekat tempat masuk. Fasilitas di dalam Eco Green park sudah cukup lengkap, toilet banyak tersedia, ada mushola, mini market, dan juga resto untuk mengisi perut yang keroncongan setelah jalan-jalan. 

 






Lanjut dari Eco Green Park, kami masuk ke Batu Secret Zoo. Tempat ini bisa disebut sebagai kawasan kebun binatang modern. Pengelolaan dan desain lokasinya benar-benar berbeda dari kebun binatang yang selama ini kita kenal. Untuk menikmatinya, kamu bisa berjalan kaki atau menyewa sepeda scooter lagi menyusuri jalan yang sudah diarahkan. Enaknya, kamu pasti akan mendatangi setiap tempat di kawasan ini, sehingga tidak ada yang terlewat. Ga enaknya, rute yang panjaaaanggggg membuat kaki pegel minta ampun. Jadi sebaiknya gunakan alas kaki senyaman mungkin. Aku akan bilang, say no to high heels di tempat ini. Selain bisa melihat dan belajar tentang satwa, di Batu Secret Zoo juga terdapat taman bermain yang cukup lengkap untuk anak-anak. Tersedia berbagai wahana dan kolam renang untuk si kecil. So much fun!  


 





 



 


Menjelang sore, lokasi terakhir yang belum kami datangi yaitu Museum Satwa. I would say, Arsitektur bangunannya k.e.r.e.n bangeettt! Modern, menyerupai white house, beda dari museum-museum yang pernah aku datangi. Seperti halnya fungsi dari museum, di tempat ini terdapat berbagai koleksi binatang yang telah diawetkan. Setelah pintu masuk, kamu akan disambut oleh kandang burung raksasa yang instagramable banget. Banyak yang berfoto disini, jadi harus sabar yaa kalau mau ikutan foto juga :). Masuk agak dalam, terdapat rangka dinosaurus yang mengingatkan kita akan film Night at the museum. Untuk luasnya, Museum satwa tidak sebesar Batu Secret Zoo ataupun Eco Green Park. Bersih, adem, nyaman, dan dingin, itulah yang kami rasakan di tempat ini. Fasilitasnya pun oke, tersedia toilet dan juga mushola. 








Kami menyudahi perjalanan di Jatim Park 2 dengan makan sore di Resto yang terdapat di Pohon Inn. FYI, Pohon Inn merupakan hotel unik yang bentuk bangunannya menyerupai pohon dan kamu bisa menikmati view Batu Secret Zoo dari kamarmu. Jika memiliki budget lebih, Pohon Inn ini recommended untukmu. Oke, balik lagi ke cerita utama, karena sudah lewat jam makan siang, menu yang tersedia di Resto sudah tidak lengkap. Kami mencoba beberapa menu yang berbeda. View dari resto ini adalah hewan-hewan yang terdapat di Batu Secret Zoo. Kami memilh tempat duduk yang strategis, yang sebenarnya bisa berputar mengelilingi resto. Sayangnya pada waktu itu sedang tidak diaktifkan alat putarnya. But, it’s okay, we’re enjoy. 




Sore harinya, pada trip pertama kami memutuskan istirahat di penginapan karena kaki sudah ga kuat jalan lagi :”). Di trip kedua kami mengunjungi Museum Angkut. Lokasi Museum Angkut tidak jauh dari Hotel tempat kami menginap, hanya sekitar 200 meter. Sesuai dengan namanya, kita bisa menikmati koleksi-koleksi angkutan dari berbagai negara, baik yang digunakan pada berpuluh bahkan ratusan tahun lalu maupun angkutan modern yang masih dipakai hingga saat ini. Banyak banget tempat foto-fotonya. Bahkan rasanya setiap sudut di tempat ini pengen foto terus, hahaha...  Ukuran museum angkut ini juga ternyata luas. Kami tidak sempat foto di beberapa tempat hits karena hari sudah malam, dan menjadi sulit untuk berfoto dengan hasil yang maksimal. Fasilitas Museum Angkut pun lengkap, tersedia toilet, mesjid, dan restoran outdoor. Kami menyempatkan makan malam di tempat ini sebelum kembali ke Hotel. 






 


 


Kesimpulan dari jalan-jalan ke Jatim Park Grup hari tersebut yaitu:
1. Cocok untuk tujuan wisata keluarga.
2. Fasilitas lengkap, tersedia juga untuk difabel.
3. Bersih, modern, konsepnya keren
4. Harga affordable
5. Instagramable
6. Ga cukup sehari

Perjalanan ke tempat wisata selanjutnya di Kota Wisata Batu akan aku lanjutkan pada Part 3 yaaa... Stay tune :)

Love,

No comments :

Post a Comment