SK-II Facial Treatment Essence Set untuk Kulit Berjerawat [REVIEW Pitera Essentials Set]

SK-II , apa yang terlintas di benakmu begitu mendengar nama ini? Facial Treatment Essence, Pitera, bagus, mahal? Mungkin empat hal tersebut yang terbayangkan. Tapi apa benar SK-II itu bagus dan mahal?

Assalamualaikum bifellas...

November ini alhamdulillah aku mulai masuk usia baru, over 25 years old. OMG! Semakin bertambah umur, semakin berubah juga kondisi kulit terutama wajah. Satu tahun lebih aku berjuang melawan berbagai masalah pada wajah terutama jerawat. Beberapa bulan lalu aku masih harus fight meredakan 'ganasnya' jerawat yang on-off di wajah. Kini alhamdulillah mereka sudah mulai 'menjinak' dan semakin kesini hanya tinggal satu atau dua yang muncul, itupun hanya saat sedang datang bulan. Perjuangan selanjutnya adalah menghilangkan atau paling tidak menyamarkan bekas jerawat yang masih merah di beberapa bagian wajah, terutama pipi.

Satu bulan ini aku mulai menggunakan skincare baru untuk wajahku, yang sebelumnya masih mikir-mikir dulu, maju mundur buat beli atau enggak, tapi akhirnya jadi beli dan pakai juga. SK-II, brand skincare asal Jepang ini akhirnya aku gunakan setelah dapat banyak rekomendasi dari beberapa orang. Yah walaupun kondisi dan efeknya pada kulit akan berbeda-beda, tapi aku pikir enggak ada salahnya untuk mencoba. Siapa tau cocok dan berhasil memperbaiki kondisi kulitku.

SK-II Pitera Essentials Set

Sebagai permulaan, aku mencoba SK-II Pitera Essentials Set. Satu setnya terdiri dari tiga produk, yaitu Facial Treatment Clear Lotion, Facial Treatment Essence, dan Facial Treatment Mask. Semua produk tersebut mengandung Pitera.

Apa sih sebenarnya Pitera itu?

Pitera merupakan bahan bio-alami yang kaya akan nutrisi mikro seperti vitamin, mineral, asam amino, dan asam organik yang berasal dari ragi hasil fermentasi. Berawal dari penelitian tim riset SK-II terhadap para pembuat sake di Jepang, akhirnya mereka menemukan bahwa rahasia dari kulit halus dan awet muda terletak pada cairan fermentasi yang sering disentuh para pembuat sake ketika proses fermentasi berlangsung. Pitera berfungsi untuk membantu:
1. Mengkondisikan fungsi alami kulit.
2. Mengatasi masalah kulit kering dan kusam.
3. Membuat kulit tampak cerah alami.

Yuk kita bahas satu per satu.

1. SK-II Facial Treatment Clear Lotion
SK-II Facial Treatment Clear Lotion atau yang biasa disingkat dengan FTCL merupakan sejenis toner. FTCL berfungsi membersihkan kotoran yang tersisa di wajah dan yang paling utama adalah mempersiapkan kulit untuk penggunaan produk selanjutnya. FTCL dari SK-II ini mengandung piteradan AHA yang membantu mengangkat sel kulit mati,

SK-II Facial Treatment Clear Lotion

Untuk di essentials set ini, kita akan dapat SK-II Facial Treatment Clear Lotion ukuran 30 mL. Tekstur dari FTCL ini ringan banget karena mengandung air dan tidak berbau. Cara pakainya pun cukup mudah. Tuangkan FTCL ke kapas hingga diameter kurang lebih 3 cm, atau biasanya kalau aku pakai sekitar 3 tetes hingga kapas basah. Usapkan secara lembut pada zona T wajah terlebih dahulu, yaitu dahi, hidung, hingga dagu. Lalu lanjutkan ke rahang dan pipi. Hindari daerah sekitar mata ya. FTCL aku pakai dua kali sehari pada pagi dan malam hari sebelum tidur. Hasil selama satu bulan ini terasa banget kulit jadi lebih fresh setelah pakai FTCL.

2. SK-II Facial Treatment Essence
SK-II Facial Treatment Essence atau yang biasa dikenal dengan FTE merupakan salah satu produk unggulan dari SK-II. FTE mengandung lebih dari 90%  dan bahan bio alami yang mengandung vitamin, mineral, dan asam amino. FTE diklaim mampu memperbaiki tekstur, mencerahkan, serta mengencangkan kulit wajah.

SK-II Facial Treatment Essence

Dari segi packaging, FTE tampil mewah dengan dikemas botol kaca bening berukuran 75 mL dan desain yang simpel serta elegan. Testurnya sama sama watery, FTE memiliki bau yang khas seperti bau asam hasil fermentasi gitu, namun enggak terlalu strong kok. It's still comfort to be used. Cara pakai FTE yaitu tuangkan ke kapas dengan diameter sekitar 4,5 cm atau biasanya aku pakai sekitar 4 tetes. Tepuk-tepukkan pada seluruh wajah, boleh sampai leher juga. Diamkan hingga FTE menyerap ke dalam kulit atau hingga mengering. Oiya aku pakai FTE ini setelah pakai FTCL, jadi pemakaiannya juga sama dua kali sehari, pagi dan malam hari.

Selama satu minggu awal pemakaian, belum terasa efek yang signifikan, hanya saja kulit wajah beneran terasa lebih kenyal. Setelah kurang lebih satu bulan ini mulai terlihat warna kulit jadi lebih merata dan bekas-bekas jerawat tidak lagi merah, lebih kalem kecokelatan gitu warnanya. Pori-poriku yang besar perlahan tampak lebih kecil dan komedo di sekitar hidung menghilang. Jadi enggak 'geradakan' lagi kulit hidungnya, yeay! 

Facial Treatment Essence ini akan bekerja secara optimal jika didahului dengan pemakaian toner. FTE akan menjadi lebih cepat menyebar dan terserap ke dalam pori-pori kulit. Ini buktinya:

Perbedaan pemakaian SK-II FTE dengan FTCL dan tanpa FTCL

Pada gambar pertama sebelah kiri, aku menggunakan FTCL terlebih dahulu pada kulit tangan, lalu menuangkan FTE. Hasilnya FTE langsung menyebar dan lebih cepat kering. Sedangkan pada gambar sebelah kanan, aku langsung menuangkan FTE tanpa FTCL sebelumnya. Terlihat bahwa FTE tidak menyebar dan hanya berada di lapisan atas kulit.

3. SK-II Facial Treatment Mask
SK-II Facial Treatment Mask merupakan salah satu jenis masker yang dikeluarkan oleh SK-II. Masker ini mengandung pitera, vitamin, mineral, dan asam amino yang hampir sama dengan FTE. Buat kamu yang memiliki kulit sensitif, enggak perlu khawatir karena produk ini cocok digunakan untuk semua jenis kulit. SK-II Facial Treatment Mask berfungsi menjadikan kulit lebih lembab, sehat, kenyal, dan bercahaya.

SK-II Facial Treatment Mask

Pemakaian masker yaitu setelah menggunakan toner atau FTCL agar kulit mati terangkat terlebih dahulu. Cara pemakaiannya lebih mudah daripada jenis clay mask yang pernah aku bahas sebelumnya. Buka kemasan masker, lalu tinggal tempelkan pada wajah. Tepuk-tepukan secara halus agar kandungan masker menyerap ke dalam kulit. Biarkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah masker diangkat, pijat secara lembut sisa essense yang terdapat di wajah. Untuk membersihkannya bisa menggunakan kapas. Setelah pakai masker, baru dilanjutkan dengan pemakaian FTE. Masker boleh digunakan sekitar satu sampai dua kali seminggu.

Setelah memakai SK-II Facial Treatment Mask, kulit aku jadi lebih seger, halus, dan kenyal. Enak banget kalau disentuh. ^^

IMPRESSION

Selama satu bulan pemakaian SK-II Pitera Essentials Set, aku merasa (cukup) puas dengan hasil yang terasa pada kulit wajah. Aku gunakan rutin pagi hari setelah mandi dan malam hari sebelum tidur. Untuk FTCL cukup untuk pemakaian selama kurang lebih 3 minggu, sedangkan untuk FTE lebih dari satu bulan ini masih tersisa hampir setengah botol. Ternyata hemat juga yaa. Facial treatment mask aku gunakan setelah hampir satu bulan pemakaian. Sebenarnya tidak ada patokan harus kapan, saat awal minggu juga enggak apa-apa, tapi niatku waktu itu mau lihat dulu efek pemakaian pitera set ini seperti apa di kulit wajahku. 

2 minggu setelah pemakaian SK-II Facial Treatment Essence

Di satu minggu awal, memang ada sedikit purging di daerah dahi, keluar jerawat kecil-kecil yang agak banyak jumlahnya. Waktu lagi purging ini aku 'kompres' jerawat tersebut dengan FTE. Dalam waktu sekitar tiga hari, jerawat pada kempes dan kabur, wohoo. Bekasnya pun sangat samar bahkan hampir tidak ada. Selebihnya alhamdulillah enggak ada efek negatif lain yang aku rasakan, justru kulit jadi makin halus, kenyal, warna kulit rata, lembab, komedo menghilang, dan bekas jerawat jadi enggak merah lagi, mulai memudar jadi cokelat muda gitu. 

Kalau ditanya masih jerawatan apa enggak sampai sekarang, jawabannya masih. Tapi paling jerawatannya saat menjelang haid aja, enggak seperti dulu jerawat datang tanpa kenal waktu. Buat aku FTE ini membantu banget 'meredam' jerawat. Buat kamu yang punya masalah sama dengan aku dan penasaran sama rangkaian skincare dari SK-II atau Facial Treatment Essence, kamu bisa coba yang essentials set ini dulu sebelum beli yang full size karena lumayan juga harganya yang pricey. Aku beli di counter SK-II yang ada di SOGO Dept. Store sekitar 790ribuan rupiah dan bisa untuk sekitar 2 bulanan. Kalau dihitung-hitung jatuh harganya enggak beda jauh dengan skincare lain yang sebelumnya aku pakai. Oiya, pada saat beli produk ini, kulitku sempat ditest umur serta kondisinya dengan menggunakan magic ring dari SK-II. Hasilnya menyedihkan, ternyata usia kulitku lebih tua dari usiaku yang sebenarnya. Hiks :'(. Kalau kamu mau beli online, pastikan produk itu original. Kamu bisa beli di SOCIOLLA. Ada tambahan diskon juga sebesar 50ribu rupiah untuk minimum pembelanjaan 250ribu, hanya dengan memasukkan kode SBNLANL4 pada saat checkout

satu bulan setelah menggunakan SK-II Pitera Essentials Set
Bare face setelah satu bulan memakai rangkaian SK-II Pitera Essentials Set
Okey overall, SK-II Pitera Essentials set ini bisa jadi salah satu alternatif buat kamu yang mau mengembalikan kondisi kulit jadi lebih sehat dan bercahaya. Intinya yang namanya skincare itu emang cocok-cocokan. Kalau skincare ini cocok di aku belum tentu cocok juga di kamu walau tipe kulit kita sama, begitupun sebaliknya. So, don't give up to explore more!

Love,



4 comments :

  1. mehong banget euy tak sanggup aku :(

    ainunamelia.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mba Ainun... Harganya lumayan mba, tp bisa untuk beberapa bulan pemakaian :)

      Delete
  2. Halo! Nice review ^^
    Aku pemakai SKII udah 3 bulan lebih deh, aku juga pakenya FTCL sama FTE aja sih...
    so far aku ngerasa muka aku di 1bulan pertama itu jadi lebih kenyal tapi pori2 aku makin keliatan gede dan warna kulit jadi rafa kusam... sumpah deh aku hampir kaya yang nyerah gitu, mana muncul jerawat di tempat yang biasanya aku enggak jerawatan pula...

    and then setelah bulan kedua, ketiga (pokoknya pas botol FTE dan FTCL aku udah tinggal setengah , anyway aku yang ukurannya 230ml gt deh) baru berasa banget hasilnya dimuka aku. Apalagi pas liburan ke bali deh waktu itu, panas2an, biasanya langsung gampang jerawatan dan breakouts juga eh ini engga dong, rutin tiap pagi sama malem aku pake dua produk itu selama liburan +sunblock... ga ada jerawat baru sama skali, cuma buat ngilangin bekasnya tuh emang slow progress :(

    tapi akhirnya aku ga lanjut soalnya bekas jerawat aku masih ada dan sometimes aku ngerasa muka ku jd cepet merah2 gitu pas pake fte alias jd sensitif... + dompet juga berasa bolong wkwkwkwk

    hehe jd panjang critanya... ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo sha... thank you sharingnya... wahh, aku baru mau masuk bulan kedua nih, semoga terus ada progressnya. hhohoo... so far alhamdulillah di aku masih baik baik aja efeknya. Kalo nantinya ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, kayak purging atau breakout lagi, mungkin aku akan stop. Kalo enggak, jalan terus sambil nabung juga. :))

      Delete