Tips Memilih Produk Kecantikan yang Bagus

Produk kecantikan yang bagus itu apa sih? dari brand mana? dan gimana cara milihnya ya supaya cocok di wajahku?
  - - -
Assalamualaikum bifellas...

Memilih produk kecantikan yang bagus menjadi hal yang bisa dibilang gampang-gampang susah, karena sangat mungkin antara orang yang satu dengan yang lainnya berbeda. Misalnya menurut aku produk dari brand A itu bagus dan cocok di wajah, belum tentu produk itu juga cocok di wajah kamu, begitupun sebaliknya. Tapi ada beberapa hal yang wajib kamu tahu dan perhatikan dalam memilih produk kecantikan, berikut tips dan caranya:


1. Kenali Jenis Kulit Wajahmu
Apakah kamu sudah kenal dengan dirimu sendiri? Seberapa jauh kamu mengenalnya bisa dibuktikan dengan mengetahui jenis kulitmu. For your info bifellas, tipe kulit manusia berbeda-beda, ada yang kering (dry skin), normal, berminyak (oily skin), kombinasi, dan kulit sensitif. Dengan mengenal jenis kulit, kita akan mudah menentukan produk kecantikan yang tepat sehingga produk tersebut bisa bekerja maksimal sesuai dengan fungsinya. Hal ini juga bertujuan untuk menghindari timbulnya efek negatif seperti iritasi, komedo, jerawat, dan lain-lain akibat tidak cocoknya produk tersebut di kulit kita.


Aku punya tips and trick untuk mengetahui jenis kulit wajah dengan mudah. Perhatikan daerah T-Zone yang meliputi dahi, hidung, dan dagu. Kamu bisa mengujinya dengan meletakan kertas minyak wajah (paper face oil) atau tisu pada daerah tersebut. Diamkan beberapa saat lalu perhatikan hasilnya. Jika setelahnya ada bekas minyak yang menempel, kemungkinan kamu memiliki jenis kulit berminyak ataupun kombinasi. Daerah T-zone pada jenis kulit ini biasanya tampak lebih glowy karena adanya produksi minyak yang berlebih. Untuk jenis normal dan dry skin, daerah T-zone cenderung menghasikan minyak yang lebih sedikit sehingga tidak nampak pada paper face oil. Sedangkan jika kamu memiliki kulit sensitif, kulitmu akan mudah memerah, mengelupas, bahkan iritasi terhadap produk kecantikan tertentu.

2. Pilih Produk Kecantikan Sesuai Umur
Kebutuhan kulit bagi kamu yang masih remaja tentunya akan berbeda dengan yang sudah menginjak usia di atas 30 tahun, begitupun sebaliknya. Penggunaan produk kecantikan yang tidak sesuai umur bisa menimbulkan iritasi kulit dan penuaan dini. Tentu enggak mau kan saat usia masih belasan tahun atau baru 'kepala 2' tapi terlihat sudah seperti usia 40 tahunan?! what a nightmare! So, pilihlah produk kecantikan yang tepat dan tidak berlebihan ya.

3. Kenali Brand yang Dipilih
Kini semakin banyak brand kecantikan memasarkan produknya di Indonesia, baik lokal maupun internasional seperti berlomba-lomba merebut pasar Indonesia. Dalam memilih sebuah produk kecantikan, sadar atau tidak bagi sebagian orang seringkali mempertimbangkan brand atau merk terlebih dahulu. Pepatah mengatakan 'tak kenal maka tak sayang' juga berlaku untuk hal ini. Alangkah baiknya kita tahu seperti apa karakteristik brand dari produk-produk yang kita gunakan. Apakah dia sudah memiliki izin edar di Indonesia atau belum, keamanan produknya bagaimana, dan kualitas produknya seperti apa. Di era modern ini, tentu kamu bisa mendapatkan informasinya melalui internet seperti official web yang sudah terjamin trusted


4. Perhatikan Kandungan Isi / Ingredients Produk
Buat aku pribadi ini penting banget! Telitilah sebelum membeli, jangan sampai produk yang kita gunakan ternyata mengandung bahan yang berbahaya bagi tubuh. Bukannya jadi cantik tapi malah merusak kulit, kan ngeri jadinya. Beberapa bahan yang dinyatakan berbahaya oleh BPOM yaitu merkuri, hidrokinon, timbal, dll. Selain itu, perhatikan juga kandungan yang mungkin bisa jadi tidak cocok di kulit. Untuk mengetahui hal ini memang perlu sedikit bereksperimen, seperti kulitku akan langsung bereaksi terhadap produk kecantikan yang mengandung alkohol dan vitamin C yang berlebih dengan munculnya jerawat-jerawat kecil.


Oiya, satu hal penting lagi, perhatikan juga tanggal kedaluwarsa dari produk tersebut yaa. Ternyata bukan cuma makanan atau minuman aja yang memiliki masa expired, produk kecantikan pun punya lho. Misalnya untuk eye products seperti mascara dan eyeliner memiliki masa 'tahan' yang paling cepat yaitu hanya sekitar 3 bulan, sedangkan untuk lip products biasanya bisa digunakan sampai 2 tahun.

5. Sesuaikan dengan Budget
Apakah kamu tipe orang yang percaya bahwa Cantik itu Mahal? Aku sih no. Enggak juga kok. Menjaga kecantikan luar memang perlu effort and money alias usaha dan uang, tapi jangan sampai menjadi besar pasak daripada tiang. Contohnya memaksakan beli produk kecantikan dari luar negeri yang 'kata orang bagus' sampai kamu enggak bisa menabung. Saat ini udah banyak banget kok produk kecantikan lokal yang kualitasnya enggak kalah bagus, bahkan ada yang lebih bagus dari produk luar negeri. Harganya pun bisa jauh lebih murah dan aman di kantong.

Aku biasanya membuat anggaran tersendiri untuk membeli produk kecantikan setiap bulannya, supaya lebih efektif dan enggak ganggu kebutuhan lain. Budget tersebut enggak boleh over, jadi cukup enggak cukup, ya harus dicukupkan, hehe :))

6. Beli di Tempat yang Aman dan Terpercaya
Tren belanja online menjadi fenomenal sejak beberapa tahun ini. Kita sebagai customer enggak perlu lagi macet-macetan di jalan kalau mau beli apa-apa, termasuk produk kecantikan. Di sisi lain jangan sampai kita dirugikan, alih alih mau belanja online di tempat A karena harganya jauh lebih murah daripada harga official brand, eh ternyata justru dapet produk yang palsu. So, let be a smart buyer!. Belilah produk kecantikan di tempat yang memang benar-benar aman, terpercaya, dan terjamin kualitas serta keaslian produknya. Apalagi kalau terdapat banyak pilihan, jadi bisa efektif deh sekali belanja langsung dapet semua yang diperlukan, seperti di Matahari Mall, for your one-stop online shopping

See you on my next post bifellas... have a nice day!


Love,


No comments :

Post a Comment